Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, June 20, 2010

Komponen Artsitektur Untuk DSS

Sunday, June 20, 2010
Cara pemikiran yang tepat mengenai bagian komponen dari suatu sistem penunjang keputusan (DSS) dan hubungannya diantara bagian tersebut adalah dengan menggunakan paradigma dialog, data, model (D,D,M) [7, 8]. Dalam konseptualisasi ini, ada dialog (D) antara pemakai dengan sistem, data (D) yang mendukung sistem tersebut, dan model (M) yang memberikan kemampuan analisis. Walaupun komponen tersebut bisa agak berbeda dari satu aplikasi dengan aplikasi yang satunya, namun mereka tetap dalam beberapa bentuk yang sama. Gambar 7.1, yang diadaptasi dari [7], memberikan representasi gambaran mengenai bagian komponen dari suatu DSS.

Pemakai dan pembangun DSS sebaiknya memahami bagaimana setiap komponen ini bisa dirancang. Bagi pemakai, pemahaman ini menciptakan kesadaran tentang apa yang dapat diperoleh dari DSS. Sedangkan bagi pembangun DSS, is memberitahu tentang apa yang bisa diberikan oleh pembangun tersebut.

Teknologi yang baru terus memberikan pengaruh terhadap komponen dialog, data, dan model. Sebagai contoh, sistem touchscreen (layar sentuh) yang berdasarkan icon memberikan opsion baru untuk mengarahkan atau menjalankan sistem tersebut.

Teknologi database relasional, dan database lebih barn yang berorientasi obyek, juga memberikan pilihan yang lebih tentang bagaimana data disimpan, diupdate, dan dipanggil. Hasil dari munculnya artificial intelligence memberikan potensi baru guna merepresentasikan dan menggunakan model dengan cara baru.

Tujuan dari bacaan ini adalah untuk meneliti bagian komponen dari suatu DSS. Dalam bacaan ini, kita mencoba untuk mendeskripsikan kekayaan atau potensi yang ada tersebut, dan memberikan keterangan mengenai teknologi yang sedang berlangsung, yang akan berlanjut mengembangkan atau meningkatkan bidang ini.

Daftar ISI :

Pendahuluan
Komplementasi Dialog
Komponen Data Komponen
Model Kesimpulan
Pertanyaan
Referensi

Untuk Selengkapnya Silahkan Download :
Komponen Artsitektur Untuk DSS.pdf

Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir