Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, June 13, 2010

Kerangka Untuk Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan

Sunday, June 13, 2010
Sepertinya kita berada di ambang "era" lain dalam hal kemajuan sistem informasi berdasarkan komputer yang berkelanjutan dalam organisasi. Dengan dinamai "decision support system" (sistem penunjang keputusan) (DSS), sistem ini menerima reaksi yang berjangkauan dari "major breakthrough" (pemecahan utama) sampai "just another 'buzz word— (pemecahan sampingan).

Salah satu pandangan menyatakan bahwa kemajuan teknologi informasi yang evolusioner alami dan penggunaannya dalam konteks organisasional bertolak dari EDP ke SIM ke DSS yang sekarang. Menurut pandangan ini, DSS muncul menggantikan tempat SIM.

Sebaliknya, ada pandangan yang menyatakan bahwa DSS adalah sebagai subset yang penting dari SIM yang selama ini ada dan yang akan berlanjut kemudian. Pandangan lain menganggap bahwa is adalah jenis sistem yang telah berkembang selama beberapa tahun dan "barulah sekarang kita menamakannya sebagai DSS". Sementara itu, para skeptis (yang berpandangan ragu-ragu), dalam meragukan apa yang akan dihadirkan oleh para vendor pada waktu berikutnya, menyatakan bahwa DSS hanyalah "buzz word" (desas-desus).

Tujuan dari bacaan ini adalah untuk melihat secara singkat pandangan yang berlainan mengenai DSS tersebut dan mengemukakan kerangka yang bisa memberikan kegunaan bila kita menggabungkan pandangan tersebut. Kerangka ini menyambungkan dan memadukan hal pokok dari para "stakeholder" (pengemuka pendapat) dalam perkembangan DSS: yakni pap eksekutif dan profesional yang menggunakannya, manajer SIM yang mengelola pengembangan dan penginstalannya, spesialis informasi yang membangun dan mengembangkannya, perancang sistem yang menciptakan dan mengasembling teknologi yang digunakan untuk mendasarinya, dan peneliti yang mempelajari pokok bahasan dan proses DSS.

Daftar ISI :

PENDAHULUAN
DEFINISI, CONTOH, DAN SIFAT
DSS DIBANDINGKAN DENGAN SIM
PANDANGAN TEORITIS KERANGKA
TIGA TINGKAT TEKNOLOGI
MENGEMBANGKAN PERAN DALAM DSS
CARA PENGEMBANGAN UNTUK DSS
TUJUAN DAN KEMAMPUAN KINERJA
PANDANGAN PEMBANGUN: KEMAMPUAN TEKNIS
SUBSISTEM DATA
SUBSISTEM MODEL
PANDANGAN TOOLSMITH: TEKNOLOGI DASAR
PERSOALAN UNTUK MASA MENDATANG
RINGKASAN
PERTANYAAN
REFERENSI

Untuk Selengkapnya Silahkan Download :

Kerangka Untuk Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan.pdf

Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir