Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, June 13, 2010

Sistem Aplikasi Giro - Pembukaan Rekening

Sunday, June 13, 2010
A. DESKRIPSI UMUM

Sistem aplikasi giro yang akan digunakan di laboratorium Perbankan bersifat integrated banking operation system dengan memakai sistem jaringan kerja komputer yang saling berhubungan untuk setiap transaksi. Pengertian integrated tersebut meliputi kesatuan dalam proses pembukuan atau pelaporan keuangan bank serta kemungkinan penerangan sistem On line antar bagian atau antar cabang.

Proses pembkaan rekening giro dan PRK merupakan tahap awal dalam operasional sistem aplikasi giro yang pada prinsipnya transaksi selanjutnya ditampung pada nomor gird tersebut.

Tinjauan dari aspek sistem aplikasinya, pembukaan rekening giro dan PRK menyediakan fasilitas menu yang relatif komunikatif sehingga memudahkan user untuk mengoperasikannya. Langkah-langkah operasional tersebut melibatkan aspek regristrasi atau pengisian data nasab oleh Customer Service dan penerimaan transaksi setoran pembukaan dilakukan oleh teller. Alur data yang selengkapnya disajikan dalam bentuk flowchart proses prosedur pengisian data, dan posisi jabatan dalam Bank yang terlibat dalam proses pembukaan tersebut.

B. TUJUAN

Tujuan dari modul pembukaan rekening dari segi teknis adalah memberikan informasi teknis kepada praktikan mengenai langkah-langkah pengoperasian proses pembukaan rekening koran.

Untuk tujuan dari praktisnya adalah memberikan gambaran yang nyata dari proses pembukaan rekening seperti kegiatan dalam pembukaan rekening.

C. RUANG LINGKUP MATERI

Materi dalam pembukaan rekening meliputi bagaimana cam seorang customer service dapat membukukan rekening baru berdasarkan tipe rekening yang dihekendaki oleh nasabah.

Tipe rekening koran meliputi :

1. Giro Aktif
Giro aktif adalah giro dimana nasabahnya melakukan transaksi dengan aktif artinya selama 3 bukan berturut-turut melakukan transaksi.

2. Giro Non Aktif
Giro non aktif adalah terjadi bila nasabah giro tidak melakukan transaksi selama 3 (tiga) bulan berturut-turut (secara otomatis sistim akan menanggulanginya).

3. Giro Blokir
Giro Blokir adalah giro yang penarikannya tidak dapat dilakukan karena :
— peimintaan dari nasabah itu sendiri (misalnya giro bilyet tersebut hilang).
— permintaan dari pihak yang berwajib karena nasabah terlibat kejahatan.

4. Pinjaman Rekening Koran
Pinjaman Rekening Koran adalah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh pihak Bank dan nasabah mendapat fasilitas seperti pada rekening koran.

5. Cerukan
Cerukan adalah pemberian fasilitas pelampauan penarikan atas saldo rekening giro yang efektif yang belum dibuatkan akad lueditnya atau pelampauan pemberian kredit di atas flafon yang ditetapkan berdasarkan akad kredit.

6. Pinjaman rekening koran kewajiban nasabah lewat waktu (PRK KNLW) PRK KNLW adalah suatu rekening pinjaman yang sudah jatuh tempo waktunya, dan hams diproses oleh Account Officer, apakah akan :
— diperpanjang (dirubah plafon atau tidak)
— dirubah menjadi giro bila saldo debet dan langsung mendapatkan bunga giro secara otomatis.

Menu yang dipakai pada pembukaan rekening giro adalah

1. Menu Head teller
- Pemeliharaan nama nasabah
- Pemeliharaan nomor rekening
- Pemeliharaan summary historical

2. Customer service
- Pembukaan rekening barn
- Pembukaan rekening khusus
- Informasi nasabah
- Informasi nomor rekening
- Daftar nama dan alamat nasabah


Untuk Selengkapnya Silahkan Download

Sistem Aplikasi Giro - Pembukaan Rekening.pdf

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir