Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, June 13, 2010

DSS Dalam Konteks

Sunday, June 13, 2010
Tema tulisan ini adalah mengenai persoalan untuk menetapkan beberapa perspektif mengenai kemajuan DSS selama 10 tahun terakhir ini. Tulisan ini memberi kontribusi terhadap tema tersebut dengan cara melihat DSS dengan konteks yang luas - yakni konteks yang meliputi usaha lain dalam sistem informasi dan ilmu manajemen. Sejak dekade yang lalu, kita telah melihat bahwa sistem informasi berkembang dengan berbagai nama. Electronic Data Processing (pemrosesan data elektronik) dikembangkan lagi atau perkembangannya didukung oleh sistem informasi manajemen, otomatisasi kantor, sistem pelaporan (atau dukungan) manajemen, sistem informasi eksekutif, dan tentunya, sistem penunjang keputusan. Sementara itu, banyak usaha analisis yang pada mulanya ditetapkan dengan nama seperti ilmu manajemen, riset operasi, teknik kuantitatif, dan analisis statistik telah dimasukkan atau menjadi bagian dari fungsi sistem informasi, karena banyak sekali analisis sekarang yang menggunakan komputer.

Telah ada berbagai model dan paradigma untuk menjelaskan bagaimana berbagai usaha sistem dan analisis ini saling berkaitan. Mereka (model dan paradigma) ini biasanya menyertakan variabel seperti tingkat manajemen yang diberikan, sifat transaksi, jenis data yang digunakan, waktu respon (batch atau on-line), mengenai apakah mereka dikerjakan oleh pusat pemrosesan data atau dikerjakan oleh pemakai sendiri, mengenai apakah mereka terutama didasarkan pada data atau didasarkan terutama pada model, dan sebagainya. Tulisan ini mengemukakan sifat yang nampaknya akan menjadi ukuran yang lebih membantu dan pada ukuran tradisional dalam pengorganisasian cara pembuatan dan penggunaan sistem informasi.

Bagian pertama akan memaparkan kembali tujuan atau misi secara keseluruhan bagi sistem informasi dalam organisasi. Bagian berikutnya mengenalkan konsep aktivitas penanganan informasi Type I dan Type II yang akan dibantu dan ditingkatkan dengan cara penggunaan sistem informasi. Bagian ketiga berisi retrospeksi (peninjauan kembali) terhadap beberapa perkembangan dasar selama dekade terkahir yang dilihat menurut konteks barn ini. Yang terkahir, tulisan ini memberi saran terhadap perkembangan di masa depan yang kita harapkan atau ingin kita capai, untuk meningkatkan kontribusi DSS bagi misi tersebut secara keseluruhan.

PENDAHULUAN
MISI KESELURUHAN
DUKUNGAN UNTUK PEKERJA INFORMASI DSS SEBAGAI PEMADU
BERTEMUNYA EVOLUSI
MASA MENDATANG
PERTANYAAN

Untuk Selengkapnya Silahkan Download :

DSS Dalam Konteks.pdf

Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir