Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, June 20, 2010

Experimen Dalam Menerapkan Pendekatan Desain Adaptif Untuk Pengembangan DSS

Sunday, June 20, 2010
Sistem penunjang keputusan (DSS) adalah sistem berdasarkan komputer yang dirancang untuk meningkatkan efektivitas pembuat keputusan dalam menjalankan tugas semi terstruktur. Dengan tugas seperti ini, pembuat keputusan belum bisa mengetahui dengan pasti mengenai sifat masalah/ peluang, pemecahan alternatif dan/ atau kriteria atau nilai yang digunakan membuat penentuan. Oleh karenanya, peran pokok DSS adalah untuk membantu proses pembuatan keputusan selagi pembuat keputusan menghadapi masalah yang tidak ditetapkan dengan baik.

Cara merancang DSS berbeda dengan cara merancang sistem pemrosesan transaksi. Asumsi dasar dalam pendekatan "siklus hidup" tradisional adalah bahwa persyaratan atau keperluan dapat ditentukan sebelumnya guna memulai proses desain dan pengembangan. Namun demikian, Sprague [14] menyatakan bahwa perancang DSS benar-benar "tidak bisa memulai base yang pertama" karena pembuat keputusan atau pemakai tidak bisa mendefmisikan keperluan atau persyaratan fungsional DSS sebelumnya. Juga, sebagai bagian yang terpadu dari proses desain dan implementasi DSS, pemakai dan perancang akan "mempelajari" mengenai tugas keputusan dan lingkungan, yang dengan demikian berarti mereka mengidentifikasi persyaratan fungsional yang barn dan yang belum diantisipasi.

Umumnya, perancang DSS telah mengetahui bahwa keadaan ini memang di luar tradisi yang biasa dilakukan dalam merancang sistem; oleh karenanya kita menamakannya desain adaptif. Ia adalah konsep yang baru, dan hasil karya empiris yang dilakukan dengan cara ini masih sangat terbatas.

Tulisan ini difokuskan untuk membahas pendekatan desain adaptif. Pertama, kita akan meneliti dan membahas permasalahan konseptual mengenai desain adaptif. Kemudian kita tampilkan studi kasus. Penemuan dari studi ini memberikan wawasan mengenai aplikasi dan efektivitas pendekatan tersebut. Dikemukakan pula beberapa area untuk riset di masa mendatang.


Daftar ISI :
Proses Desain Adaptif Studi
Kasus
Observasi Pada Studi Kasus
Ringkasan
Pertanyaan
Referensi

Untuk Selengkapnya Silahkan Download :
Experimen Dalam Menerapkan Pendekatan Desain Adaptif Untuk Pengembangan DSS.pdf

Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir