Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, June 13, 2010

Gambaran Umum Sistem Transportasi

Sunday, June 13, 2010
A. PENDAHULUAN

Transportasi yang menyangkut pergerakan orang dan barang pada hakekatnya telah dikenal secara alamiah semenjak manusia ada di bumi, meskipun pergerakan atau perpindahan itu masih dilakukan secara sederhana. Sepanjang sejarah, transportasi baik volume maupun teknologinya berkembang sangat pesat. Sebagai akibat dari adanya kebutuhan pergerakan manusia dan barang, maka timbullah tuntutan untuk menyediakan prasarana dan sarana agar pergerakan tersebut bisa berlangsung dengan kondisi aman, nyaman dan lancar, serta ekonomis dari segi waktu dan biaya.

Dalam penyediaan prasarana transportasi yakni bangunan-bangunan yang diperlukan tentunya disesuaikan dengan jenis sarana yakni kendaraan atau alat angkut yang digunakan. Penyediaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, yaitu : kondisi alam, kehidupan manusia dan teknologi bahan dan bangunan.

B. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

1. Mahasiswa mengenal gambaran umum sistem transportasi.
2. Mahasiswa memahami secara umum tentang sistem transportasi.
3. Mahasiswa dapat menilai kondisi sistem transportasi yang ada sekarang.

C. TUJUAN INTRUKSIONAL KHUSUS
1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian sistem transportasi secara benar.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan komponen sistem transportasi.
3. Mahasiswa dapat membedakan/menjelaskan sistem transportasi mutakhir yang ada di Indonesia.
4. Mahasiswa dapat meramalkan sistem transportasi secara umum di masa mendatang.
5. Mahasiswa dapat menjelaskan keterkaitan bidang transportasi dengan disiplin ilmu lainnya.

D. URAIAN
1. DEFINISI, MAKSUD, TUJUAN
1.1. Definisi
Sistem adalah suatu bentuk keterkaitan dan keterkaitan antara satu variabel/ komponen dengan variabel/komponen yang lain dalam tatanan yang terstruktur.

Transportasi adalah kegiatan pemindahan penumpang dan barang dari satu tempat ke tempat lain. Dalam transportasi terdapat unsur pergerakan (move¬ment), dan secara fisik terjadi perpindahan tempat atas barang atau penumpang dengan atau tanpa alat angkut ke tempat lain. Pejalan kaki adalah perpindahan orang tanpa alat angkut.

Sistem transportasi merupakan suatu bentuk keterikatan dan keterkaitan antara penumpang, barang, prasarana dan sarana yang berinteraksi dalam rangka perpindahan orang atau barang yang tercakup dalam suatu tatanan, baik secara alami maupun buatan/rekayasa.

1.2. Maksud
Sistem transportasi diselenggarakan dengan maksud untuk mengkoordinasikan proses pergerakan penumpang dan barang dengan mengatur komponen-komponennya dimana prasarana merupakan media untuk proses transportasi, sedangkan sarana merupakan alat yang digunakan dalam proses transportasi. Alat ini secara konseptual dibedakan dalam dua bentuk yaitu kendaraan dan mengangkut (kabin).

1.3. Tujuan
Sistem transportasi diselenggarakan dengan tujuan agar proses transportasi penumpang dan barang dapat dicapai secara optimum dalam ruang dan waktu tertentu, dengan mempertimbangkan faktor keamanan, kenyamanan dan kelancaran, serta efisiensi atas waktu dan biaya.

2. PERANAN TRANSPORTASI DI MASYARAKAT
2.1. Transportasi Alamiah
Transportasi alamiah adalah proses perpindahan orang atau barang yang penyelenggaraannya memanfaatkan media alamiah sebagai prasarana maupun sarana. Di sini proses transportasi yang dicapai hanya sebatas untuk perpindahan tempat, belum ada pertimbangan terhadap efisiensi waktu dan biaya, serta masih cenderung belum konsisten dalam pelayanannya. Faktor-faktor keamanan, kenyamanan dan kelancaran biasanya kurang dipentingkan.

Bentuk transportasi alamiah banyak dilakukan pada masa silam, dimana pada masa tersebut kebutuhan hidup manusia relatif sederhana disamping komunitas sosial masyarakatnya relatif sempit. Akan tetapi pemanfaatan transportasi alamiah masa sekarang perlu dipertimbangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia yang mungkin kurang mementingkan efisiensi waktu. Beberapa ilustrasi transportasi alamiah disajikan dalam Gambar 1.1. Disini tampak kecilnya intervensi teknologi namun cukup mudah penyelenggaraannya.

Daftar ISI

A. Pendahuluan
B. Tujuan Instruksional Umum
C. Tujuan Instruksional Khusus
D. Uraian

Untuk Selengkapnya Silahkan Download :
Gambaran Umum Sistem Transportasi.pdf

Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir