Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday, February 2, 2012

Telekomunikasi Dan Komputer

Thursday, February 2, 2012
Buku ini membahas teknologi masa kini. Namun, berbeda dengan buku-buku lain yang biasanya diawali dengan tinjauan mengenai sejarah dari pokok bahasan yang bersangkutan, buku ini lebih cenderung berbicara mengenai masa depan. Sifat dari teknologi masa kini adalah kekuatan yang sangat besar untuk mengadakan perubahan. Publik menerima hal-hal tersebut dengan hanya sedikit kesutitan .

Kita telah membangun suatu masyarakat, terutama di dunia Barat, yang sangat tergantung pada teknologi, yang beberapa diantaranya memiliki masa depan yang terbatas. Suplai minyak dunia mulai habis, dan ini akan terus meningkatkan biaya karena kita harus meencarinya di tempat-tempat yang semakin sulit dicapai. Beberapa hasil tambang utama yang diperlukan untuk memproduksi barang-barang kebanyakan yang mencirikan konsumsi Barat mulai habis. Polusi bertambah dan akan menjadi semakin mahal pengendaliannya. Populasi dunia dan permintaan akan bahan mentah semakin tidak dapat ditawar-tawar lagi dan akan semakin mengurangi kapasitas bumi. Aspirasi dari milyaran penduduk bumi semakin bertambah dalam cara-cara yang hanya dapat dipenuhi dengan teknologi yang benar-benar Baru.

Kita hidup dalam suatu jaman yang bukan main kekayaan teknologinya. Belum pernah dalam sepanjang sejarah manusia ada jaman yang memiliki panorama yang sedemikian terbuka seperti yang dapat terlihat dalam laboratorium penelitian masa kini. Kita memiliki kemampuan untuk bekerja yang di masa lampau akan nampak seperti keajaiban. Namun, sebagaimana dongeng yang pernah kita dengar di masa kecil kita, kita hams berhati-hati dalam memilih keajaiban mana yang kita pilih.

Salah sate perkembangan teknologi yang paling membanggakan pada abad yang menyenangkan ini adalah "perkawinan" antara rekayasa telekomunikasi dengan rekayasa industri komputer. Kedua bidang ini berkembang dalam tingkat yang cepat dan hebat. Spekulasi dengan perhitungan matang mengenai apa yang mungkin dihasilkan oleh keduanya menghasilkan kesimpulan yang menakjubkan.

Baik industri komputer maupun industri telekomunikasi, bila sendiri-sendiri, mampu membawa perubahan-perubahan pada masyarakat kita, dalam kebiasaan kerja dan dalam pemerintahan manusia yang dapat mengubah pandangan hidup di seluruh dunia. Namun, dua teknik ini sating melengkapi. Bila dikombinasikan, mereka saling memperkuat. Saluran telekomunikasi menyalurkah kemampuan komputer dan informasi di dalam bank data ke jutaan lokasi di mana mereka dapat digunakan, dan komputer sebaliknya  mengendalikan pusat-pusat switching yang luar biasa banyaknya dan membantu membagi sejumlah besar kapasitas jalur ban menjadi saluran yang dapat digunakan.

Di Inggris, pada abad ke 18, penemuan pemintal dan suatu jenis mesin tenun menandakan suatu revolusi dalam pembuatan kain. Dalam kurun waktu yang sama mesin uap dikembangkan. Masing-masing, secara sendiri-sendiri, mungkin telah menyebabkan perubahan, namun kombinasi antara keduanya menimbulkan suatu pergolakan yang memaksa suatu perubahan yang drastis dalam kehidupan masyarakat yang terlibat. Desa-desa yang menonjol dengan industri rumahan mereka menyerah kepada lingkaran setan yang gelap dari permulaan revolusi industri. Munculnya mesin-mesin barn mendominasi kehidupan manusia.

Sekarang, sebagaimana waktu itu, teknologi barn membanjiri masyarakat kita sedemikian cepatnya sehingga para sosiolog dan politisi tidak dapat merencanakan bentuk dunia yang ingin mereka bangun atau membandingkan kekuatan-kekuatan baru itu.

Selengkapnya silahkan Download Link Berikut :


Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir