Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, February 5, 2012

Penggerak Mula Motor Bakar Torak

Sunday, February 5, 2012
Ada macam-macam bentuk mesin yang menghasilkan daya, bentuk yang dibicarakan berikut adalah yang biasa digunakan pada waktu ini. Karena macam ragamnya maka penggunaannya tergantung dan ukuran daya sasaran Penggunaan dan lingkungan di mana mesin tersebut akan dioperasikan.

1. Motor Listrik

Motor listrik ini mempunyai keuntungan sebagai berikut:
1) Dapat dihidupkan dengan hanya memutar sakelar.
2) Suara dan getaran tidak menjadi gangguan.
3) Udara tidak ada yang diisap, juga tidak ada gas buang, karena itu tidak perlu mengukur polusi lingkungannya atau membuat ventilasi. Tetapi di ruang yang berbahaya terhadap percikan api, perlu digunakan motor anti eksplosif agar tidak terjadi kebakaran.
4) Motor DC mempunyai daya besar pada putaran rendah. Di lain pihak motor AC yang menggunakan sumber daya umum tidak mudah mengubah putarannya.
Di lain pihak motor listrik mempunyai kekurangan sebagai berikut:
1) Motor listrik membutuhkan sumber daya, kabelnya harus dapat dihubungkan dengan stopkontak, dengan demikian tempat penggunaannya sangat terbatas panjang kabel.
2) Kalau dipergunakan baterai sebagai sumber daya, maka beratnya akan menjadi besar. Sebagai pembanding tenaga yang didapat dan satu liter bahan bakar minyak, maka kalau sumber daya adalah baterai beratnya akan mencapai 1500 Newton.
3) Secara umum biaya listrik lebih tinggi dan harga bahan bakar minyak.
4) Untuk menghasilkan daya yang sama dihasilkan oleh sebuah motor pembakaran, maka motor listrik akan lebih berat.

2. Motor Pembakaran Luar

Pada mesin uap dan turbin uap, maka bahan bakar dibakar di ruang pembakaran tersendiri dengan ketel untuk menghasilkan uap. Jadi mesinnya tidak digerakkan oleh gas yang terbakar tetapi oleh uap air. Untuk membuat uap air maka bahan bakar yang dipergunakan dapat batubara atau kayu dan pembakarannya terus menerus. Lagi pula uap tidak langsung dipanasi oleh nyala api, tetapi dengan perantaraan dinding ruang pembakaran, maka dari itu tidak mungkin memanasi uap sampai suhu yang tinggi dan efisiensi thermisnya agak rendah.
Secara singkat mesin uap dan turbin uap mempunyai karakter yang hanya dapat dipergunakan sebagai penggerak mula ukuran besar, misalnya lokomotif, kapal dan power plant dan tidak baik dipergunakan sebagai penggerak generator serbaguna, sepeda motor d kendaraan (mobil).

3. Motor Pembakaran Dalam

Torak dan sudu-sudu digerakkan oleh gas hasil pembakaran yang bertekanan tinggi d bersuhu tinggi pula, makadari itu tidak dibutuhkan sebuah ketel uap. Dengan demikian motor pembakaran dalam ini dapat dibuat dengan konstruksi yang ringan sehingga perbanding antara daya dan berat menjadi besar.

Selengkapnya silahkan Download Link Berikut :




Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir