Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday, February 2, 2012

Teori Graf Dasar

Thursday, February 2, 2012
Mungkin anda di masa kanak-kanak dahulu pernah bermain tebakan untuk menggambarkan suatu bentuk geometri tertentu tanpa mengangkat alat tulis anda dan kertas, dan tidak diperkenankan mengulang garis yang telah tergambar. Atau mungkin kita mempunyai sejumlah kartu domino, lalu berusaha untuk merangkaikan mereka menurut aturan domino.

Masalah di atas merupakan sejenis masalah yang menandai lahirnya Teori Graf, suatu cabang sains yang pada waktu ini berkembang dengan pesat.

Pada tahun 1736 seorang Matematikawan bangsa Swiss bernama Leonhard Euler berhasil mengungkap misteri Jembatan Konigsberg. Di kota Konigsberg (sekarang bernama Kalilingrad, Rusia) mengalir sebuah sungai bernama sungai Pregel. Di tengah sungai tersebut terdapat dua buah pulau, kemudian antara kedua pulau tersebut dan kedua tepian sungai.

Konon kabarnya, penduduk kota tersebut pada hari libur berjalan-jalan ke tempat itu, dan muncullah suatu keinginan untuk bagaimana/dapatkan menjalani masing-masing jembatan tepat satu kali, bermula dari sembarang tempat serta kembali ke tempat semula tersebut. Karena lama tidak memperoleh jawaban, penduduk mengirim surat kepada Euler. Alchimya masalah tersebut dapat dipecahkan oleh Euler, yaitu bahwa perjalanan serupa itu tidak mungkin dilakukan di atas Jembatan Konigsberg.

Suatu Graf terdiri dan titik atau simpul, atau vertex, atau node, serta ruas, atau rusuk, atau sisi atau edge. Di sini setiap ruas menghubungkan 2 simpul. Ruas menandakan adanya relasi antara 2 simpul yang bersangkutan.

Dalam masalah di atas, daratan  disajikan sebagai simpul, dan jembatan disajikan sebagai ruas. Euler mengemukakan teoremanya yang mengatakan bahwa perjalanan serupa itu, yang kemudian dikenal sebagai Perjalanan Euler, akan ada, apabila Graf tersebut terhubung, dan banyaknya ruas yang datang pada setiap simpul adalah genap.

Selengkapnya silahkan Download Link Berikut :




Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir