Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Wednesday, February 8, 2012

Pengenalan Sistem Aplikasi Giro-Proses Akhir Bulan

Wednesday, February 8, 2012

Proses akhir bulan adalah kegiatan yang tujuan utamanya adalah menghitung jasa giro atau bunga rekening PRK setelah posisi saldo rekening giro atau PRK diketahui selama periode satu bulan.

Proses ini dilakukan setelah semua rekening telah diketahui posisi saldo sepanjang bulan yang bersangkutan. Posisi saldo setiap rekening selama periode satu bulan dapat diketahui setelah dilakukan proses akhir hari sehingga proses akhir bulan ini han dapat dilakukan setelah proses akhir hari dilaksanakan.

Setiap bank selalu melakukan proses akhir bulan yang sering disebut tutup buku untuk periode pembukaan selama satu bulan. Pengertian dan segi sistim aplikasinya secara teiperinci adalah melakukan penghitungan total saldo untuk setiap rekening, perhitungan jasa giro, perhitungan bunga pinjaman, perhitungan bunga overdraft, perhitungan denda overdraft, dan perhitungan pajak.

Saldo akhir dari setiap rekening setelah diperhitungkan dengan bunga pajak, dan biaya-biaya lainnya merupakan saldo awal untuk bulan berikutnya. Aspek operasional sistim pada proses akhir bulan lebih bersifat pemeriksaan saldo tiap rekening dikaitkan dengan keseimbangan pembukuannya, biaya-biaya , jasa dan bunga y diperoleh oleh nasabah atau pihak bank. Hal ini dilakukan untuk memeriksa data-data yang sudah diinput selama satu bulan.

Selain pemeriksaan dan segi sistemnya; aspek pemeriksaan manual masih perlu dilakukan sebagai pembanding untuk memperkecil resiko kesalahan yang terjadi. Kegiatan pemeriksaan tersebut biasanya menggunakan data-data atau informasi yang berupa laporan atau dokumen yang dicetak oleh sistem aplikasi.

Selain itu, laporan tersebut juga berfungsi sebagai dokumentasi untuk arsip sebagai bahan untuk kebijaksanaan manajemen Bank. Dokumen atau file yang dihasilkan pada proses akhir bulan secara umum digunakan sebagai bahan evaluasi bagian marketing dan sebagai bahan laporan bagi kepentingan managerial suatu bank dalam penyusunan strategi operasional bank pada bulan-bulan selanjutnya.

Sistim aplikasi giro melakukan proses akhir bulan secara otomatis setelah setiap rekening diperiksa totalnya. Proses Ahir bulan ini dilakukan melalui serangkaian penggunaan menu- menu yang ada pada sistim aplikasi giro terutama pada menu akhir bulan. Pedoman pelaksanaan proses akhir bulan disertai dengan alur data yang dilengkapi dengan desain tampilan yang disajikan pada layar monitor.

Tujuan teoritis dalam pengoperasian proses akhir bulan adalah menguasai jenis dan cara penghitungan jasa giro dan bunga prk secara manual dikaitkan dengan penerapannya pada Sistem Aplikasi Giro. Sedangkan tujuan praktisnya adalah praktikan dapat menguasai pengoperasian Sistem Aplikasi Giro pada proses akhir bulan serta aspek-aspek teknis yang hams dilaksanakan dan penanganan masalah teknis lainnya.

Proses akhir bulan yang dilakukan pada Sistem Aplikasi Giro ini sebagian besar menggunakan menu akhir bulan yang lebih bersifat pemeriksaan atau pencetakkan data dan menu Teller dan Head Teller yang sebagian besar digunakan untuk proses perbaikan data. Menu Akhir hari digunakan untuk melakukan proses akhir hari yang harus dilaksanakan sebelum melakukan proses akhir bulan.

Selengkapnya silahkan Download link Berikut :


Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir