Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Monday, January 30, 2012

Ekonomi International Pengantar Lalu Lintas Pembayaran Internasional

Monday, January 30, 2012
Ilmu Ekonomi Internasional, yang sering pula hanya kita sebut ekonomi internasional kiranya dapat didefinisikan sebagai bagian dan ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perilaku transaksi-transaksi ekonomi internasional perekonomian bangsa pada khususnya dan mekanisme bekerjanya perekonomian dunia pada umumnya.

Mengingat bahwa Ilmu Ekonomi Internasional, yang biasa juga disebut International Economics, seperti disebutkan dalam definisi di atas, adalah merupakan bagian dan ilmu ekonomi, maka ada baiknya dalam bab perkenalan ini untuk sejenak perhatian kita, kita arahkan kepada pemahaman kedudukan Ilmu Ekonomi Internasional tersebut dalam kerangka ilmu ekonomi sebagai suatu kesatuan. Setelah itu barulah kita coba mengetahui kedudukan Lalu-lintas Pembayaran Internasional yang biasa juga disebut International Finance dalam kerangka Ilmu Ekonomi Internasional.

Kedudukan Ilmu Ekonomi Internasional dalam Kerangka Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi, yang biasa disebut economics dapat dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok ekonomi deskriptif, kelompok teori ekonomi dan kelompok ekonomi terapan. ekonomi deskriptif atau descriptive economics mengumpulkan keterangan-keterangan faktual yang relevan mengenai sesuatu masalah ekonomi.

Teori ekonomi yang biasa disebut juga economics theory, tugas utamanya mencoba menemukan keajegan-keajegan perilaku hubungan antara variabel-variabel ekonomi yang terbentuk dalam transaksi-transaksi ekonomi atau gejala-gejala ekonomi. Selanjutnya, yang dilakukan oleh ekonomi terapan atau applied economics ialah menggunakan hasil-hasil pemikiran yang tertuang dalam bentuk teori-teori ekonomi untuk menerangkan keterangan-keterangan dan data deskriptif yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif.


Pembagian ilmu ekonomi ke dalam tiga kelompok tersebut mengundang pertanyaan: `Ilmu ekonomi internasional termasuk kelompok yang mana, ekonomi deskriptif, teori ekonomi, ataukah ekonomi terapan?' Dengan melihat materi bahas yang tercakup dalam Ilmu Ekonomi Internasional, dapatlah disimpulkan bahwa Ilmu Ekonomi Internasional bidangnya membentang meliputi semua kelompok tersebut. Banyak materi-materi bahas, yang dalam literatur Ekonomi Internasional merupakan materi bahas standar, adalah murni deskriptif.

Misalnya saja bagian-bagian yang memperbincangkan mengenai prosedur menggunakan letter of credit, bill of exchange, dan sebagainya, bagian yang memperbincangkan mengenai bursa valuta asing, bagian yang memperbincangkan mengenai organisasi-organisasi atau lembaga-lembaga ekonomi dunia, seperti misalnya IMF, IBRD, GATT, dan sebagainya. Mengenai materi bahas yang tergolong dalam kelompok teori ekonomi murni juga tidak sedikit. Contohnya ialah teori perdagangan internasional dari Adam Smith, David Ricardo, John Stuart Mill, Heckscher-Ohlin, dan seterusnya. Selanjutnya uraian mengenai perkembangan sistem moneter dunia, kebijakan devaluasi, dampak persekutuan-persekutuan ekonomi regional dan sebagainya dapat kita lihat unsur penerapan teori-teori ekonomi. Ini berarti bahwa unsur applied economicsnya banyak kita jumpai juga dalam Emu Ekonomi Internasional.

Materi Bahas Ekonomi Internasional

Pada dasarnya dapat dikatakan bahwa yang merupakan materi bahas disiplin ilmu Ekonomi Internasional ialah transaksi-transaksi ekonomi internasional, baik transaksitransaksi ekonomi internasional bilateral maupun transaksi-transaksi ekonomi internasional multilateral.

Transaksi-transaksi ekonomi internasional tersebut banyak macam ragamnya. Akan tetapi sekedar untuk dapat memberikan gambaran umum dapat dikatakan bahwa pada dasarnya dapat dibedakan antara: transaksi perdagangan yang terdiri atas transaksi impor dan transaksi ekspor barang-barang dan jasa-jasa, transaksi penanaman modal, baik penanaman modal langsung maupun penanaman modal portfolio beserta transaksi-transaksi lain yang berkaitan, transaksi unilateral, transaksi hutangpiutang dan transaksi moneter.

Dari berbagai transaksi ekonomi internasional yang merupakan materi bahas disiplin ilmu Ekonomi Internasional seperti tersebut di atas, transaksi pertamalah, yaitu transaksi perdagangan internasional, yang rupa-rupanya sampai sekarang relatif paling banyak memiliki teori-teori, konsepsi-konsepsi yang cukup mantap.

Teori-teori tersebut sebagian betul-betul merupakan teori murni, sebagian merupakan teori mengenai kebijakan-kebijakan perdagangan luar negeri atau kebijakan-kebijakan perdagangan internasional. Sebagian menggunakan pendekatan analisis ekuilibrium parsial, sebagian lagi menggunakan pendekatan analisis ekuilibrium umum. Bagian dari disiplin ilmu Ekonomi Internasional yang menekankan pada transaksi perdagangan ini, sesuai dengan ruang-lingkupnya, Adapun biasa disebutperdaganganinternasional atau international trade.

Bagian disiplin ilmu Ekonomi Internasional yang memperhatikan semua transaksitransaksi ekonomi internasional seperti disebutkan di atas dengan agak menekankan kepada transaksi-transaksi moneter dan juga transaksi-transaksi penanaman modal, lazim mendapat sebutan International Finance Pembelanjaan Internasional atau Lalu Lintas Pembayaran Internasional.


Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir