Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Monday, January 30, 2012

Pengantar Inteligensi Buatan

Monday, January 30, 2012
Pada bagian ini, anda mempelajari tentang penyajian dasar dan metode. Penyajian dan metode ini digunakan oleh para ahli teknik untuk membangun sistem komersial dan oleh para ilmuwan untuk menjelaskan berbagai macam inteligensi.

Pada Bab 1, Komputer Cerdas, anda mempelajari tentang apa itu inteligensi buatan, mengapa inteligensi buatan itu penting, dan bagaimana inteligensi buatan diterapkan. Anda juga mempelajari tentang kriteria untuk menentukan kesuksesan.

Pada Bab 2, Jaringan Semantik dan Penjodohan Deskripsi, anda mempelajari pentingnya penyajian yang baik dan anda mempelajari cara melakukan pengujian terhadap penyajian untuk melihat apakah penyajian itu baik atau tidak. Bersamaan dengan itu, anda mempelajari Jaringan semantik dan metode mendeskripsikan dan menjodohkan. Dengan menggunakan ilustrasi, anda mempelajari pemecah masalah analogi geometris, pengenal plot, dan alat pengenal obyek berdasarkan ciri.

Pada Bab 3, Pembangkitan dan Pengujian, Analisis Means-ends, dan Reduksi Masalah, anda mempelajari ten- tang tiga metode pemecahan masalah: yakni pembangkitan dan pengujian, analisis Means-end, dan reduksi masalah. Contoh yang menggambarkan ketiga metode pemecahan masalah tersebut bekerja berdasarkan pentingnya penyajian yang baik, seperti ruang keadaan atau pohon tujuan.

Pada Bab 4, Jaringan dan Pencarian Dasar, anda mempelajari metode pencarian dasar, seperti depth first search, yang digunakan dalam semua jenis program, berkisar dari program yang melakukan perencanaan lintasan robot sampai pada program yang menyediakan akses bahasa natural ke dalam informasi database.

Pada Bab 5, Jaringan dan Pencarian Optimal, anda mempelajari lebih banyak tentang metode pencarian, tetapi sekarang fokusnya pada usaha menemukan jalur terbaik untuk mencapai tujuan bukan sekedar jalur saja. Metode yang dijelaskan mencakup branch and bound, pemrograman dinamik diskrit, dan A*.

Pada Bab 6, Pohon dan Pencarian Berlawanan, anda masih tetap mempelajari lebih banyak tentang metode pencarian, tetapi di sini fokusnya berubah lagi, inilah saatnya untuk melakukan permainan. Anda mempelajari bagaimana pencarian minimax memberitahu anda ke mana melangkah dan bagaimana pemangkasan alfabeta membuat pencarian lebih cepat. Anda juga mempelajari bagaimana kesinambungan heuristic (heuristic continuation) dan pendalaman progresif (progressive deepening) memungkinkan anda menggunakan seluruh waktu yang anda miliki secara efektif, meskipun situasi permainan sangat bervariasi.

Pada Bab 7, Aturan dan Rangkaian Aturan, anda mempelajari aturan if-then dapat mewujudkan banyak pengetahuan yang berguna secara komersial. Anda juga mempelajari penggunaan aturan if-then dalam program untuk melakukan forward chaining dan backward chaining. Dengan menggunakan ilustrasi anda mempelajari sistem mainan anak-anak untuk mengidenntifikasikan kebun binatang dan bahan tas. Anda juga mempelajari tentang rincian implementasi tertentu, misalnya variabel binding via tree search dan prosedur jaringan kompleks (rete procedure).

Pada Bab 8, Aturan, Substrata, dan Pemodelam Kognitif, anda mempelajari tentang kemungkinan membangun kapabilitas-kapabilitas penting di atas peralatan pemecahan masalah yang didasarkan pada aturan. Secara khusus, anda mempelajari tentang kemungkinan program menjelaskan langkah yang mengarah pada kesimpulan, untuk memberi alasan dalam berbagai gaya, untuk memberi alasan dibawah kendala waktu, untuk menentukan probabilitas kesimpulan, dan untuk memeriksa kekonsistenan aturan yang baru diusulkan. Anda juga mempelajari tentang rekayasa pengetahuan dan tentang SOAR, yaitu suatu model pemecahan masalah manusia yang berdasarkan aturan.

Pada Bab 9, Frame dan Warisan (Frames and Inheritance), anda mempelajari tentang frame kelas, instances, slot, dan nilai slot. Anda juga mempelajari tentang inheritance, yakni suatu metode pemecahan masalah yang kuat yang memungkinnya untuk mengetahui banyak tentang instances dengan mengetahui tentang kelas yang dimiliki oleh instances. Anda juga mempelajari bagaimana pengetahuan dapat ditangkap dengan prosedur tertentu sering dinamakan dengan demons, yang dilekatkan pada kelas.

Pada Bab 10, Frame dan Akal Sehat (Frames and Commonsense), anda belajar bagaimana frame dapat menangkap pengetahuan tentang bagaimana tindakan terjadi. Secara khusus, anda belajar bagaimana frame peran tematis (thematic role frames) mendeskripsikan tindakan yang dinyatakan dengan kata kerja dan kata benda, dan anda mempelajari frame tindakan (action frames) dan frame perubahan keadaan (state-change frames) mendeskripsikan bagaimana tindakan terjadi pada tingkat yang lebih mendalam, tingkat sintaks independent (syntax-independent level).

Pada Bab 11, Kendala Numerik dan Propagasi (Numeric Constraints and Propagation), anda mempelajari bagaimana penyajian yang baik sering mengatasi kendala yang memungkinkan kesimpulan disebarluaskan seperti gelombang yang dihasilkan oleh sebuah bate yang dijatuhkan dalam kolam yang tenang. Secara khusus, anda melihat cara menggunakan propagasi kendala numerik (numeric constraint propagation) untuk menyebarluaskan perkiraan probalitas melalui jaringan pendapat (opinion nets) dan untuk menyebarluaskan pengukuran ketinggian melalui kendala kehalusan (smoothness constraints).

Pada Bab 12, Kendala Simbolik dan Propagasi (Symbolic Constraint and Propagation), anda mempelajari lebih banyak ten- tang propagasi kendala, tetapi sekarang penekanannya adalah pada propagasi kendala simbolik (symbolic constraint propagation). Anda melihat bagaimana propagasi kendala simbolik memecahkan masalah dalam analisis gambar-garis (line-drawing analysis) dan kalkulasi waktu relatif (relatif time calculation). Anda juga mempelajari tentang prinsip metodologi Marr's (Marr's Methodological principles).

Pada Bab 13, Logik dan Pembuktian Resolusi (Logic and Resolution Proof), anda mempelajari tentang logik, yakni suatu tambahan penting bagi pengetahuan anda tentang paradigma pemecahan masalah. Setelah mencema setumpuk notasi, anda menjajaki ide tentang pembuktian, dan mempelajari cara menggunakan bukti dengan sangkalan dan pembuktian dalil resolusi.

Pada Bab 14, Penelusuran ke Belakang dan Pemeliharaan Kebenaran (Backtracking and Truth Maintenance), anda mempelajari bagaimana logik bertindak sebagai dasar bagi metode pemecahan masalah lainnya. Secara khusus, anda mempelajari tentang pembuktian berdasarkan propagasi kendala dan ten- tang pemeliharaan kebenaran. Melalui persiapan, anda juga mempelajari apa itu dependency directed backtracking, dan bagaimana hal itu berbeda dengan chronological backtracking, dalam konteks propagasi kendala numerik.

Pada Bab 15, Perencanaan, anda belajar tentang dua pendekatan yang berbeda untuk merencanakan urutan tindakan untuk mencapai suatu tujuan. Salah satu cara adalah pendekatan STRIPS, menggunakan operator if-add-delete untuk mengerjakan kumpulan tuntutan. Cara lain, pendekatan pembuktian dalil, berakar pada logika, menggunakan variabel situasi dan aksioma kerangka untuk menyatukan kumpulan ekspresi, yang menghasilkan rangkaian yang seperti film bioskop.

Selengkapnya silahkan Download Link Berikut :


Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir