Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Monday, January 30, 2012

Analisis Laporan Keuangan

Monday, January 30, 2012
Dalam buku yang mereka tulis bersama yang berjudul Accounting Fundamentals, George A. MacFarland, Robert D. ayars dan Williard E. Stone memberikan definisi akuntansi sebagai berikut :

Accounting may be defined as the art of systematically recording, presenting and interpreting the financial transactions of an enterprise (Akuntansi dapat didefinisikan sebagai seni mencatat, menyajikan dan menafsirkan secara sistematik transaksitransaksi keuangan sebuah perusahaan)

Dan definisi diatas, kiranya dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya dapat dibedakan tiga fungsi pokok akuntansi, yaitu :
1. fungsi pencatatan atau fungsi 'recording', yaitu mencatat secara sistematik semua transaksi keuangan perusahaan.
2. fungsi penyajian atau fungsi 'presentation', yaitu mengikhtisarkan secara sistematik data akuntansi dalam bentuk laporan-laporan keuangan dan atau bentuk-bentuk lainnya, disajikan untuk mereka yang mempunyai kepentingan dengan perusahaan.
3. fungsi penafsiran atau fungsi `interpretation', yaitu membuat analisa terhadap data akuntansi baik yang diikhtisarkan dalam bentuk laporan keuangan ataupun dalam bentuk-bentuk lainnya.

Dalam melaksanakan fungsi-fungsi akuntansi seperti disebut di atas, terutama pelaksanaan fungsi yang pertama dan kedua, yaitu fungsi `recording' dan fungsi `presentation', kita tidak boleh berbuat semau-maunya, melainkan harus mengikuti dan tidak boleh menyimpang dari, apalagi bertentangan dengan, kaidah-kaidah yang berlaku.

Kaidah-kaidah yang membatasi keleluasaan dan yang sekaligus berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakanfungsi-fungsi akuntansi, di negara lain ada yang menyebutnya `generally accepted accounting priciples'. Untuk Indonesia kaidah -kaidah akuntansi dasar semacam ini berlaku, tertuang dalam terbitan Ikatan Akuntansi Indonesia yang berjudul Prinsip Akuntansi Indonesia, yang untuk praktisnya selanjutnya kita gunakan ungkapan dalam bentuk singkatan PAI.

Selengkapnya Silahkan Download Link Berikut :


Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir