Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Tuesday, January 31, 2012

Analisis dan Perancangan Sistem Terstruktur

Tuesday, January 31, 2012
Sistem adalah istilah yang Masa digunakan dalam beberapa disiplin ilmu. Pemakaian istilah tersebut meluas secara pesat sesudah lima puluh tahun terakhir ini yang disebabkan oleh perkembangan aktifitas pemrosesan data elektronik (EDP) dan munculnya beberapa studi interdisiplin ilmu seperti cybernetics dan biophysics. Sistem pada bidang Engineering, bisnis, industri, pendidikan dan sosial hanyalah merupakan sedikit contoh da_ri sistem dunia masa sekarang. Jelaslah bahwa terdapat beberapa definisi tentang sistem.

Meskipun istilah "sistem" dipakai dalam bidang-bidang yang kelihatan tidak ada hubungannya, namun demikian semua sistem tentu mempunyai beberapa persyaratan umum. Persyaratan tersebut ialah bahwa sistem harus mempunyai unsur, lingkungan (environment), interaksi antar unsur, interaksi antara unsur dengan lingkungan, dan .yang paling penting adalah bahwa sistem pasti mempunyai tujuan yang akan dicapai.

Oleh karena itu kita mungkin dapat mendefinisikan bahwa sistem adalah kumpulan yang terdiri dari unsur manusia, mesin, prosedur, dokumen, data atau lainnya yang terorganisasi dari unsur-unsur tersebut, disamping berhubungan satu sama lainnya, juga berhubungan dengan lingkungan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan suatu `subsistem' adalah merupakan unsur (elemen) pada unsur yang lebih besar lagi. Sistem yang besar disebut sebagai `super sistem' atau 'supra sistem'.

Sangat similar dengan kata "sistem", kata "informasi" juga sangat banyak digunakan dan membingungkan. Kata ini digunakan oleh mereka yang berkecimpung dalam pemrosesan data elektronik, komunikasi, pegawai perpustakaan, serta lainnya. "Data" merupakan kata yang digunakan bersama dengan "informasi" atau bahkan dipakai sebagai sinonimnya. Sedangkan kata "knowledge" hubungannya lebih dekat dengan "sistem" dan "informasi".

Sesungguhnya sistem komputer generasi kelima dianggap sebagai sistem pemrosesan informasi-pengetahuan (knowledge-information processing system) . Untuk menjelaskan masalah yang berhubungan dengan istilah data, informasi, knowledge, diperlukan adanya istilah lain yaitu message (pesan). Message merupakan sekumpulan karakter yang disimpan, diproses, dan disiarkan dalam sistem informasi suatu organisasi. Dengan kata lain informasi dalam suatu organisasi disimpan, diproses, dan disiarkan sebagai suatu pesan (message).

Selengkapnya Silahkan Download Link Berikut :


Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir