Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Tuesday, January 31, 2012

Mengetahui Jenis - Jenis E-Commerce

Tuesday, January 31, 2012
JENIS-JENIS E-COMMERCE
Secara umum, e-commerce meliputi aktifitas-aktifitas bisnis secara online untuk produk dan jasa yang bisa dibagi ke dalam 2 jenis e-commerce,yaitu business to business (B2B) dan business to costumer (B2C) melalui internet. Perkembangan yang terjadi dewasa ini 2 jenis e-commerce tersebut dikembangkan lagi menjadi beberapa jenis antara lain costumer to costumer (C2C), government to nation (G2N) dan lain sebagainya. Tetapi dalam literatur-literatur yang membahas tentang  e-commerce pada umumnya, hanya membagi menjadi 2 jenis saja seperti tersebut di atas.


BUSINESS TO COSTUMER (B2C)
Kelompok ini disebut juga transaksi pasar. Pada transaksi pasar, konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi elektronik, membelinya dengan electronic cash dan sistem secure payment, kemudian minta agar barang dikirimkan. Secara ringkas jenis e-commerce ini merupakan e-commerce yang melibatkan konsumen dengan merchant-nya secara langsung. Gambar 1 berikut ini menjelaskan para pelaku dalam kelompok B2C.




Keterangan :
User/Card Holder : Orang yang ingin melakukan pembelian secara on-line Merchant : Perusahaan yang menjual produknya secara on-line
Acquirer : Institusi keuangan yang digunakan oleh merchant, biasanya bank Issuer : Perusahaan kartu kredit yang menerbitkan kartu kredit para user. Certification Authority : Pihak ketiga yang netral yang menerbitkan sertifikat kepada merchant, issuer dan dalam kasus tertentu kepada pemegang kartu kredit.

BUSINESS TO BUSINESS (B2B)
Kelompok ini disebut sebagai transaksi antar perusahaan. Perusahaan, pemerintah, dan organisasi lainnya bergantung pada komunikasi antar komputer sebagai sarana bisnis yang cepat, ekonomis, dan dapat diandalkan. Perusahaan kecil saat ini sudah mulai tertarik dengan keuntungan yang diperoleh menggunakan B2B ini. Transaksi pada B2B menggunakan EDI dan E-Mail untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi. Selain itu juga digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.



Berbagai macam aplikasi yang digunakan untuk keperluan B2C maupun B2B e-commerce selengkapnya terlihat pada gambar 3 :


Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir