Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, October 17, 2010

Pengantar Akuntansi I - Prinsip Akuntansi dan Pelaksanaannya

Sunday, October 17, 2010
PRINSIP AKUNTANSI DAN PELAKSANAANNYA

Akuntansi sering disebut bahasa dunia usaha atau the language of business. Perubahan di dalam masyarakat kita karena pertambahan kegiatan akan disumbangkan dengan "bahasa" ini yang dilaksanakan berupa pencatatan dan menginterpretasikan data dasar ekonomi baik untuk perorangan, perusahaan, pemerintah dan badan-badan lainnya. Pembuatan keputusan didasarkan infonnasi sangatlah penting untuk penyebaran/pendistribusian yang efisien dan penggunaan sumber negara yang jarang. Karena itu akuntansi merupakan peraturan penting di dalam dunia ekonomi dan sistem sosial.

Akuntansi berkaitan dengan proses pencatatan, pengklasifikasian dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan transaksi perusahaan dan kejadian lainnya. Artinya akuntansi sebetulnya lebih luas dan untuk ini penulis ambil definisi dari American Accounting Association yang menyatakan :

.......the process of identifying, measuring, and communicating economic information to permit informed judgments and decisions by users of the information.

Sehubungan dengan definisi ini maka akuntan diminta untuk mernpunyai pengetahuan yang ada kaitannya dengan perkembangan perekonomian suatu masyarakat.

Tanpa tambahan pengetahuan ini mereka tidak akan sanggup meneliti dan memberikan informasi yang relevan. Karena itulah dasar dari struktur akuntansi dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kondisi politik, macam bentuk dari lembaga yang mempengaruhi masyarakat mengenai barang atau jasa dan peraturan-peraturan khusus serta penghambat dimana masyarakat tersebut berada. Walaupun akuntansi mengalami perkembangan yang pesat dalam dunia usaha, tetapi tidaklah berarti hanya tertutup dalam ruang lingkup perusahaan. Fungsi akuntansi pada hakekatnya diterapkan oleh setiap unit dalam kegiatan masyarakat.

Dalam Literatur ini akan membahas hal-hal sbb :

Daftar ISI :

PRINSIP AKUNTANSI DAN PELAKSANAANNYA

Pengertian Akuntansi (Accounting)
Manfaat Informasi Akuntansi
Lapangan Khusus Akuntansi
Assets Liabilities dan Capital
Transaksi dan Persamaan Akuntansi
Accounting Statemen (Laporan Akuntansi)
Laporan Untuk Corporations (Perseroan Terbatas)
Soal 1

Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir