Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, June 13, 2010

Komponen Transportasi

Sunday, June 13, 2010
PENDAHULUAN
Fungsi komponen-komponen transportasi ialah sedemikian sehingga dapat memindahkan suatu benda. Obyek yang akan dipindahkan mungkin mencakup benda tak bernyawa seperti sumber alam, hasil produksi pabrik, bahan makanan, dan benda hidup seperti manusia, binatang dan tanaman. Dengan kekecualian manusia dan binatang, benda-benda alamiah lainnya tidak dapat berpindah dengan sendirinya. Mereka membutuhkan teknologi transpor yang cocok untuk itu. Walaupun manusia dan binatang dapat bergerak, namun kapasitasnya terbatas, terutama dalam kecepatan perjalanan dan jarak yang dapat ditempuh sebelum terpaksa beristirahat. Maka kapasitas ini harus dapat ditambah, bahkan untuk perjalanan biasa pun seperti perjalanan ke tempat kerja.

Manusia, barang, beserta sarana dan prasarananya merupakan bagian dan komponen transportasi harus dapat melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Membuat suatu objek menjadi mudah diangkut dan dapat diangkut tanpa menimbulkan kerusakan. Sebagai contoh : Suatu hasil produksi tidak dapat diangkut hanya dengan menggulingkan, menyeret atau mengapungkan tetapi harus dapat diangkut dengan cara yang tertentu yang tepat, supaya tidak rusak.

2. Menyediakan kontrol dan gerakan yang terjadi dengan pemakaian gaya secukupnya untuk dapat mempercepat atau memperlambat obyek tersebut, mengatasi hambatan-hambatan yang biasa terjadi dan mengarahkan obyek tersebut tanpa kerusakan. Kontrol gerakan tadi disebut lokomosi (locomotion) . Dalam hal ini dapat dilakukan dengan pemakaian gaya-gaya mekanis yang bekerja pada obyek tadi, menggerakkannya melalui jalur tertentu, selain melindunginya. Pemakaian gaya ini harus dapat dikontrol sehingga objek dapat bergerak tanpa menyinggung obyek lain yang mungkin ada dijalur jalan yang sama, yang dapat menyebabkan kerusakan yang potensial.

3. Melindungi obyek dari kerusakan dan kehancuran yang dapat terjadi sebagai akibat samping dari pergerakan tadi. Ini terutama penting bagi benda hidup atau bahan makanan, dimana pemeliharaan berupa temperatur lingkungan yang tepat, tekanan, kelembaban dan sebagainya memegang peranan yang penting dalam mempertahankan nilai benda tersebut.

Daftar ISI :

Pendahuluan
Manusia dan Barang
Prasarana dan Sarana Transportasi

Untuk Selengkapnya Silahkan Download :
Komponen Transportasi.pdf

Anda Akan Menyukai ini :

1 komentar:

Bacotabdalla said...

om boleh minta file file ini untuk kepetingan tugas saya? kalo berkenan kirim ke bacotabdalla@gmail.com , terima kasih om

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir