Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, June 13, 2010

Modal Transportasi

Sunday, June 13, 2010
PENDAHULUAN

Penyelenggaraan transportasi bisa berbagai macam namun hakekatnya adalah perpindahan orang dan barang dan satu tempat asal ke tempat tujuan. Karena kondisi geografis yang beragam serta teknologi transportasi yang terus berkembang maka jenis-jenis sarana dan prasarana tertentu akan sesuai untuk suatu kondisi geografis terentu pula. Pengelompokan berbagai jenis transportasi dengan memperhatikan medium (tempat berjalan) serta kesamaan sifat-sifat fisiknya disebut moda.

Secara garis besar jika dibedakan mediumnya akan diperoleh moda darat, air dan udara. Lebih jauh moda darat masih bisa dipisahkan, misalkan moda jalan dan kereta api. Pengembangan teknologi tiap-tiap moda mendorong perkembangan moda tsb yang selanjutnya akan mendorong sektor transportasi secara keseluruhan. Dalam perencanaan transportasi wajib mengintegrasikan moda-moda tersebut demi diperoleh layanan transportasi yang aman, murah dan cepat bagi penggunanya.

4.2. MODA DARAT

Moda darat menggunakan medium yang terletak di daratan, baik bawah tanah maupun melayang. Moda ini bisa dipisahkan lebih jauh menjadi :
a. Transportasi jalan raya (angkutan melalui jalan)
b. Transportasi rel (angkutan melalui rel)
c. Transportasi pipa (angkutan melalui pipa)
d. Transportasi gantung (angkutan melalui kabel)
Di Indonesia angkutan sungai danau dan penyebrangan (feri) dianggap moda darat karena kedekatannya dengan moda darat yang lain.

a. Transportasi Jalan Raya
* Sifat-sifatnya :
- Door to door service
- memberi kebebasan bagi pengendara dalam ruang dan waktu
- mudah dikembangkan
- biaya operasi lebih murah
* Keburukannya :
- tidak efisien
- pemborasan energi
- keselamatan rendah
- menimbulkan polusi, khususnya diperkotaan
- membutuhkan tempat parkir yang sulit disediakan diperkotaan
* Lain-lain :
- dapat membuka, membangkitkan dan mengembangkan wilayah
- menaikan nilai lahan/tanah
- melindungi kawasan/kota contoh : jalan arteri, by pass
Moda ini sangat didukung oleh adanya jaringan jalan yang memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda.

a.1. Klasifikasi Jalan
Jalan diklasifikasikan setidaknya atas empat hal berikut :
** Fungsi :
Utama : Kelas I dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) > 20.000 smp (satuan mobil penumpang)
Sekunder :
II A 6.000 - 20.000 smp
II B 1.500 - 8.000 smp
II C <>
** Peran :
- Arteri
- Kolektor
- Lokal
** Pungutan :
- Tol
- Non-Tol
** Hambatan :
- Bebas hambatan ditandai dengan simpang yang tidak sebidang - Biasa ditandai dengan simpang sebidang

a.2. Satuan-satuan yang Penting
Mengingat beragamnya jenis kendaraan, seperti terlihat pada gambar 1, maka diperlukan cara penyeragaman yakni dengan konsep satuan mobil penumpang (smp). Satuan mobil penumpang adalah bilangan kesetaraan yang merefleksikan pengaruh suatu jenis kendaraan dibandingkan dengan pengaruh sebuah mobil penumpang. Ini berarti mobil penumpang memiliki smp = 1; kendaraan yang lebih besar smp nya lebih besar dari 1 sementara yang lebih kecil juga lebih kecil dari 1 smp nya. Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) menggambarkan beban lalu lintas suatu ruas jalan dalam satu hari.

Daftar ISI :

Pendahuluan
Moda Darat
Moda Laut
Moda Udara
Konsep Intermoda

Untuk Selengkapnya Silahkan Download :


Moda Transportasi.pdf

Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir