Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, February 5, 2012

Soal Jawab Sistem Akuntansi 1

Sunday, February 5, 2012
Walaupun buku ini secara khusus hanya akan membicarakan masalah sistem akuntansi, namun pertama kali diuraikan dulu pengertian sistem secara umum. Suatu sistem dapat diartikan sebagai gabungan dari berbagai elemen yang satu sama lain saling berhubungan, dan secara keseluruhan mempunyai tujuan tertentu.

Dari pengertian sistem secara umum tersebut dapat diterapkan pada berbagai hal, misalnya alam semesta inipun merupakan suatu sistem, manusia juga dapat dipandang sebagai suatu sistem. Akuntansi juga merupakan sistem, dalam hal ini adalah sistem pengolah informasi keuangan. Karena akuntansi pada hakekatnya adalah suatu sistem, maka sistem akuntansi mempunyai banyak kesamaan dengan sistem-sistem lain, seperti adanya berbagai elemen yang saling berhubungan dan adanya tujuan. Elemen-elemen yang ada dalam sistem akuntansi dapat dibagi menjadi dua golongan utama yaitu:

1. Sistem akuntansi yang pokok (the accounting system proper), yang terdiri dari
a. Laporan keuangan
b. Buku besar/pembantu
c. Buku jurnal
d. Bukti-bukti transaksi

2. Sistem dan prosedur yang dapat terdiri dari:
a. Sistem dan prosedur penjualan
b. Sistem dan prosedur penerimaan kas
c. Sistem dan prosedur pembelian
d. Sistem danprosedur pengeluaran kas
e. Sistem dan prosedur penggajian, dan
f. Sistem dan prosedur akuntansi biaya.

Secara khusus, sistem akuntansi diartikan sebagai jaringan yang terdiri dari formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur-prosedur, alat-alat, dan sumberdaya manusia dalam rangk a menghasilkan informasi pada suatu organisasi untuk keperluan pengawasan operasi maupun untuk kepentingan pihak eksteren organisasi. Sedang prosedur adalah urut-urutan pekerjaan klerikal (tulis menulis), biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu bagian atau lebih, disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksitransaksi perusahaan yang sering berulang.

Selengkapnya silahkan Download Link Berikut :




Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir