Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Tuesday, February 7, 2012

Modul Workshop Minishop Management

Tuesday, February 7, 2012
Perkembangan perekonomian Indonesia secara keseluruhan pasca krisis moneer menunjukkan peningkatan yang cukup berarti, hal ini ditunjukkan oleh mulai maraknya berbagai bisnis-bisnis perdagangan di masyarakat. Dari yang bersifat hanya sebagai sambilan atau usaha kecil-kecilan sampai ke skala menengah dan besar. Dampak dari banyaknya karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja, pendsiun dini dan sebagainya telah memberikan pengaruh yang tidak sedikit terhadap perkembangan perdagangan di Indonesia.

Berusaha bertahan hidup dengan mencoba memulai usaha sendiri telah memberikan alternatif sumber pendapatan yang cukup memberikan harapan. Sebagai contoh, usaha multi level marketing, atau menjadi pedagang eceran/pebisnis eceran dengan didirikannya warung atau toko-toko kelontong yang antara lain misalnya menjual barang-barang kebutuhan pokok Peluang dalam usaha bisnis eceran yang cukup menjanjikan ini diperkuat dengan data statistik yaitu bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) yang merupakan salah satu besaran perekonomian, pada tahun 1997 tercatat sebesar 624.337 triliun dengan kontribusi dari perdagangan eceran sebesar 83.453 triliun atau sebesar 13.37 persen (BPS, 1997).

Kontribusi tersebut menempatkan sektor perdagangan diurutan kedua, setelah sektor industri, sebagai penyumbang terbesar terhadap PDB Indonesia. Dengan demikian untuk memanfaatkan peluang ini dibutuhkan berbagai hal yang dapat mendukung terlaksananya usaha ini. Mempelajari berbagai aspek yang dapat mempengaruhi adalah salah satu diantaranya. Aspek yang perlu dipertimbangkan antara lain adalah aspek social, persaingan dan teknologi.

Aspek social yang mempengaruhi bisnis eceran meliputi faktor-faktor (1) peningkatan dan penurunan jumlah populasi, (2) Perubahan komposisi umur, (3) pergerakan atau mobilitas penduduk, (4) keinginan masyarakat perkotaan, (5) peningkatan kebutuhan akan hiburan atau kesenangan, serta (6) perubahan perilaku diantar asegmen konsumen. Faktor-faktor tersebut menjadi bahan pertimbangan dalam manajemen bisnis eceran, terutama dalam penyusunan strategi dan operasional yang mencakup penentuan lokasi dan tata letak,bauran produk barang atau jasa yang ditawarkan, sifat pelayanan yang diberikan, rancangan, interior dan display produk, strategi pemasaran dan pembentukan
citra terhadap usaha kita secara tepat.

Sedangkan pada aspek persaingan yang perlu diperhatikan adalah mulai merambahnya usaha-usaha bisnis eceran milik negara lain yang masuk ke negara kita seperti Carrefour, Sogo, AmPm untuk pemenuhan kebutuhan seharihari atau Mc Donald, Kentucky Fried Chicken di bisnis makanan siap saji (fast food). Hal ini tidak dapat dihindari mengingat peluang dan potensi pasar yang memang potensial di negara berkembang seperti Indonesia. Kondisi ini memerlukan perhatian khusus untuk para pebisnis eceran lokal, karena terkait langsung dengan keberhasilan dan kegagalan usahanya.

Pada aspek teknologi yang perlu diperhatikan adalah kriteria pemilihan jenis teknologi yang tepat sesuai dengan skala, kondisi dan karakteristik bisnis eceran yang dijalankan. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang meluncur cepat dan penerapannya di bisnis eceranpun relatif intensif. Dunia perdagangan dicoba untuk dibuat seefektif dan seefisien mungkin sehingga muncul jenis perdagangan tanpa tatap muka yang antara lain berbentuk perdagangan melalui media telekomunikasi.

Perdagangan jenis ini menggunakan peralatan elektronik sehingga muncul istilah-istilah seperti point of sales, home shopping, electronic business untuk lingkup aktivitas perdagangan dalam arti luas dan Electronic Commerce untuk lingkup perdagangan yang dilakukan secara elektronik termasuk Internet commerce dan perdagangan
dengan Sistem Pertukaran Data Terstruktur secara Elektronik (Electronic Data Interchange)


Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir