Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Tuesday, January 31, 2012

Peranan E-Commerce Dalam Aspek Bisnis Lain

Tuesday, January 31, 2012
Revolusi dijital merubah peran pemerintah dan sektor swasta. Di abad 19 dan terutama abad 20, pemerintah memegang peran penting dalam membantu pembangunan dan secara aktif mengatur infrastruktur negara. Pemerintah federasi memperluas pemberian tanahnya untuk membantu modal swasta untuk memperluas jaringan kereta api negara. Subsidi dari pemerintah digunakan untuk mendukung perkembangan industri penerbangan. Negara federasi dan negara bagian menggabungkan dollamya untuk membangun dan memelihara sistem jalan raya antar negara bagian. Di bidang komunikasi, pemerintah telah memberikan monopoli ke perusahaan dan mengatur industrinya setelah pemberian tersebut dihentikan. Banyak perusahaan besar diatur monopolinya di tingkat negara bagian atau negara federasi.

Negara federasi telah memberikan dana dan mengembangkan versi awal dari Internet untuk keamanan nasional dan kebutuhan-kebutuhan riset, Pemerintah akan terus menerus menyediakan dana untuk riset dan pengembangan Internet di masa datang dan teknologi komputasi dengan sebagian modalnya untuk membangun infrastruktur telekomunikasi dan komputasi disediakan oleh sektor swasta.

Perkembangan teknologi yang luas dan Iingkungan tiada batas yang diciptakan untuk Internet membawa paradigma baru bagi pemerintah dan tanggung jawab sektor swasta. Membuat suatu kondisi yang optimal untuk ekonomi dijital baru membutuhkan sesuatu yang baru, pendekatan yang sangat terbatas untuk mempersiapkan aturan-aturan.

1) Pemerintah harus mengizinkan e-commerce tumbuh dalam suatu lingkungan yang dipengaruhi oleh pasar, bukan dibebani oleh peraturan yang banyak, pajak atau penyensoran. Selama aksi-aksi pemerintah tidak akan menghentikan pertumbuhan e-commerce, dan jika pemerintah terlalu mencampuri, maka kemajuan yang dialami secara substansi dapat terganggu.

2) Jika memungkinkan, aturan-aturan untuk Internet dan e-commerce sebaiknya merupakan hasil dari kelompok, bukan dari peraturan pemerintah.

3) Pemerintah harus mempunyai aturan main dalam mendukung pembuatan suatu undang-undang lingkungan secara global untuk melakukan bisnis di internet, tetapi aturan ini harus dilakukan dengan cara yang tidak birokratis.

4) Kompetisi yang lebih besar di industri telekomunikasi dan industri penyiaran sebaiknya didukung sehingga jasa bandwidth yang tinggi dapat disediakan untuk rumah dan kantor di seluruh dunia sehingga bertemunya pangsa pasar yang baru dari penyiaran, telefon, dan operasi Internet yang berdasarkan pada kompetisi hukum dan pilihan konsumen daripada berdasarkan peraturan pemerintah.

5) Sebaiknya tidak ada diskriminasi pajak yang bertentangan dengan internet e- commerce.

6) Internet sebaiknya berfungsi sebagai pangsa pasar global yang tiada batas dengan tidak adanya halangan yang dibuat oleh pemerintah.

Dengan banyaknya perubahan (transformasi) yang sudah memasyarakat, ekonomi dijital akan membantu perkembangan perubahan dan beberapa pergolakan. Revolusi industri membawa keuntungan sosial dan ekonomi yang Iebih balk, revolusi industri juga membawa dislokasi manusia secara besar-besaran, menaikkan polusi industri, tenaga kerja anak yang tidak sehat, lingkungan kerja yang tidak aman. Masyarakat sering lamban dalam merespon efek-efek sampingan yang negatif ini.

Demikian pula ekonomi dijital akan berdampak tidak baik kepada pribadi, pornografi dan pembicaraan yang tidak balk Iebih mudah diakses oleh anak-anak. Dan lebih lagi akan mengakibatkan aktifitas kriminal yang Iebih jauh dan masalah-masalah lainnya yang belum diketahui.

Sektor swasta dan pemerintah harus bekerja sama dalam menangani masalah ini dengan cara membuat Internet menjadi sebuah lingkungan yang aman selama tidak mencampuri perkembangan perdagangan.

Pemerintah U.S telah memasukkan "Global Framework for Electronic Commerce" di internet dengan alamat htto://vvww.ecommerce.dov , yang menerangkan kerangka pengaturan pasar yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dijital yang menawarkan fleksibilitas, solusi industri yang secara efektif akan mengatasi masalah yang mungkin timbul.

Langkah-Iangkah telah diambil oleh US dan seluruh dunia untuk mendapatkan tujuan kebijaksanaan publik.
Barangkali tantangan yang paling besar dihadapi oleh US adalah menempatkan kepentingan kebijaksanaan sumber daya manusia untuk ekonomi dijital. Jika tren yang telah dipaparkan disini akan terus menerus dipelajari, maka berjuta-juta pekerjaan akan diciptakan, sementara itu yang lainnya akan hilang.

Berita baiknya adalah pertumbuhan internet economy diantisipasi oleh revolusi dijital yang kelihatannya akan menciptakan pekerjaan yang lebih banyak daripada yang hilang. Lebih jauh lagi, pekerjaan yang diciptakan membutuhkan kemampuan yang lebih tinggi dan akan dibayar Iebih tinggi. Bagaimanapun juga, jelaslah kita akan menghadapi tantangan yang besar dalam mempersiapkan tuntutan tenaga kerja saat ini dan tenaga kerja yang akan datang untuk mengisi pekerjaan baru yang akan diciptakan. Jika kita tidak mempunyai orang-orang yang berpendidikan yang cukup dan terlatih untuk mengisi pekerjaan ini, maka berita balk itu berubah menjadi berita buruk.

Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir