Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Wednesday, June 9, 2010

Habiskan Makanan Anda atau Kena Denda

Wednesday, June 9, 2010
Selasa, 8 Juni 2010 | 08:53 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Habiskan makanan Anda atau kena denda. Kalau tidak habis, lain kali cari restoran lain. Galak juga pemilik restoran makanan Jepang di Sydney, Australia, ini. Dia benar-benar menyuruh tamu menghabiskan makanan yang dipesan demi kelestarian lingkungan.

Juru masak Yukako Ichikawa memberikan diskon hingga 30 persen kepada tamu yang menghabiskan semua pesanan di Restoran Wafu yang terletak di pinggiran Sydney. "Demi menjaga lingkungan yang bersih di kemudian hari, kami menuntut lebih banyak kepada tamu dibandingkan restoran lain," demikian tertulis di papan peraturan di pintu masuk.

Aturan itu antara lain meminta tamu menghabiskan semua makanan pesanan, yang merupakan makanan organik dan bebas gluten, gula. Sang juru masak dan staf akan mengatakan kepada para tamu yang tidak menghabiskan makanan agar mencari restoran lain di kemudian hari.

"Anda diminta menghabiskan makanan yang telah dipesan, kecuali potongan lemon, gari (saus sushi), dan wasabi," demikian tertulis di dalam daftar menu. "Sayur dan salad yang ada di piring Anda bukan dekorasi, itu adalah bagian dari makanan yang Anda pesan," lanjut peringatan tersebut.

Aturan ketat dari Wafu ini mendapatkan kritik pedas dari para pengamat restoran. "Wafu bukan sekadar restoran. Wafu adalah perwujudan etos personal Yukako terhadap gizi dan kesinambungan alam," demikian pernyataan restoran menjawab di situsnya.

"Kami tidak hanya berkomitmen menyuguhkan makanan, tetapi juga secara aktif berdedikasi terhadap alam, mengurangi sampah, dan secara serius ikut bertanggung jawab terhadap masa depan lingkungan." Iya deh…. (AP/Joe)

Editor: aegi | Sumber : Kompas Cetak

Anda Akan Menyukai ini :

1 komentar:

M. Faizal said...

Tenang....ga perlu khwatir...kalau di indonesia pasti habis.

Apa perlu piringnya dihabisin juga...? hehehehe

thanks fansbuku...nice info

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir