Kita semua telah tahu, bahwa pada hakikatnya sebuah KOMPUTER meru-pakan alat untuk membantu kita memecahkan masalah. Dalam usaha kita me-mecahkan masalah tersebut, kita harus dapat mengubah atau menyajikan masalah ke dalam suatu model yang kiranya tepat bagi komputer. Model yang tepat tersebut, pada umumnya adalah suatu model matematika.
Memang tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan model matematika yang sesuai bagi suatu masalah sehari-hari. Untuk hal ini diperlukan studi lanjut, baik dalam disiplin Matematika itu sendiri, maupun disiplin Ilmu Komputer ataupun yang lainnya.
Bagi kita yang baru dalam taraf mulai belajar memecahkan masalah dengan komputer, tentunya kita harus memulainya dengan keadaan yang sederhana. Buku kita ini tidak membahas bagaimana suatu masalah dibawa ke suatu model matematika yang rumit, namun membahas bagaimana cara kita memberi instruksi kepada komputer untuk menyelesaikan masalah. Masalahnya sendiri sudah dalam model yang berorientasi ke komputer (atau computer oriented).
Untuk itu, mula-mula kita susun lebih dahulu langkah-langkah instruksi pemecahan masalah. Langkah-langkah instruksi ini secara umum kita kenal sebagai ALGORITMA.Kemudian, setelah langkah-langkah instruksi, atau Algoritma terse- but selesai kita susun, kita harus menyajikan langkah-langkah tersebut dalam salah satu bahasa yang dikenal oleh komputer.
Tentunya penyajian himpunan instruksi yang kita buat tersebut haruslah teratur dan memenuhi berbagai persyaratan yang diperlukan, agar benar-benar nantinya mencapai sasaran seperti yang kita itiginkan. Di sini dikatakan, bahwa kita membuat sebuah PROGRAM.
Kegiatan kita menulis atau membuat langkah instruksi tersebut, sekaligus menuliskannya dalam suatu bahasa yang dikenal komputer dinamakan PEMROGRAMAN. Dapat dicatat bahwa tingkat yang termasuk agak rawan dalam mencari pemecahan masalah dengan menggunakan komputer ialah pembuatan dan perancangan Algoritma serta struktur data yang tepat.
Jadi, sebuah Algoritma pada hakikatnya merupakan suatu Prosedur yang tepat untuk mendapatkan pemecahan masalah menggunakan bantuan komputer serta dengan menggunakan suatu bahasa Pemrograman tertentu.
Algoritma umumnya mudah dibaca oleh manusia sedangkan Program diperun-tukkan bagi komputer. Sewaktu merancang sebuah Algoritma, perlu sekali diingat bahwa sebuah komputer hanya mengikuti instruksi dan tidak dapat melakukan sesuatu sebelum diperintahkan.
Oleh karena itu, perancang harus menuliskan setiap segi dan permasalahan di dalam Algoritma yang bersangkutan. Bab ini menguraikan tentang syarat-syarat yang harus dimiliki oleh suatu Prosedur pemecahan masalah jika is akan kita proses menggunakan Algoritma. Salah satu cara penyajian Algoritma adalah dalam bentuk diagram atau bagan alur (flowchart).
- Cover Algoritma dan Pemograman
- Daftar Isi
- Bab 1. Algoritma dan Bahasanya
- Bab 2. Manipulasi Data Dalam Pembuatan Program
- Bab 3. Struktur Pengendalian dalam Perancangan Program
- Bab 4. Subprogram dan Pembuatan Program dengan Sistem Modul
Anda Akan Menyukai ini :
Literatur Ekonomi | Ekonomi Mikro | Buku Komputer | Buku Gratis | Kumpulan Buku | Contoh Makalah | Makalah Management | Makalah Manajemen | Ekonomi Islam | Ilmu Ekonomi | Sistem Ekonomi Indonesia | Free Novels | Novel Melayu | Sistem Informasi Akuntansi | Ilmu Akuntansi | Buku Akuntansi | Dasar Akuntansi | Jurnal Akuntansi | Artikel Akuntansi | Laporan Keuangan Perusahaan Jasa | Skripsi Akuntansi | Sistem Informasi Manajemen | Artikel Manajemen | Manajemen Sumber Daya Manusia | Manajemen Pemasaran | Konsep Dasar Manajemen | Cerpen Indonesia | Cerpen Remaja | Cerpen Cinta | Novel Cerpen | Motivasi Diri | Politik Amerika | Psikologi Anak | Psikologi Sosial | Psikologi Pendidikan | Psikologi Remaja | Pengertian Psikologi | Artikel Ekonomi
0 komentar:
Post a Comment