Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, May 14, 2010

Algoritma dan Pemograman

Friday, May 14, 2010

Kita semua telah tahu, bahwa pada hakikatnya sebuah KOMPUTER meru-pakan alat untuk membantu kita memecahkan masalah. Dalam usaha kita me-mecahkan masalah tersebut, kita harus dapat mengubah atau menyajikan masalah ke dalam suatu model yang kiranya tepat bagi komputer. Model yang tepat tersebut, pada umumnya adalah suatu model matematika.

Memang tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan model matematika yang sesuai bagi suatu masalah sehari-hari. Untuk hal ini diperlukan studi lanjut, baik dalam disiplin Matematika itu sendiri, maupun disiplin Ilmu Komputer ataupun yang lainnya.

Bagi kita yang baru dalam taraf mulai belajar memecahkan masalah dengan komputer, tentunya kita harus memulainya dengan keadaan yang sederhana. Buku kita ini tidak membahas bagaimana suatu masalah dibawa ke suatu model matematika yang rumit, namun membahas bagaimana cara kita memberi instruksi kepada komputer untuk menyelesaikan masalah. Masalahnya sendiri sudah dalam model yang berorientasi ke komputer (atau computer oriented).

Untuk itu, mula-mula kita susun lebih dahulu langkah-langkah instruksi pemecahan masalah. Langkah-langkah instruksi ini secara umum kita kenal sebagai ALGORITMA.Kemudian, setelah langkah-langkah instruksi, atau Algoritma terse- but selesai kita susun, kita harus menyajikan langkah-langkah tersebut dalam salah satu bahasa yang dikenal oleh komputer. 

Tentunya penyajian himpunan instruksi yang kita buat tersebut haruslah teratur dan memenuhi berbagai persyaratan yang diperlukan, agar benar-benar nantinya mencapai sasaran seperti yang kita itiginkan. Di sini dikatakan, bahwa kita membuat sebuah PROGRAM. 

Kegiatan kita menulis atau membuat langkah instruksi tersebut, sekaligus menuliskannya dalam suatu bahasa yang dikenal komputer dinamakan PEMROGRAMAN. Dapat dicatat bahwa tingkat yang termasuk agak rawan dalam mencari pemecahan masalah dengan menggunakan komputer ialah pembuatan dan perancangan Algoritma serta struktur data yang tepat.

Jadi, sebuah Algoritma pada hakikatnya merupakan suatu Prosedur yang tepat untuk mendapatkan pemecahan masalah menggunakan bantuan komputer serta dengan menggunakan suatu bahasa Pemrograman tertentu.
Algoritma umumnya mudah dibaca oleh manusia sedangkan Program diperun-tukkan bagi komputer. Sewaktu merancang sebuah Algoritma, perlu sekali diingat bahwa sebuah komputer hanya mengikuti instruksi dan tidak dapat melakukan sesuatu sebelum diperintahkan. 

Oleh karena itu, perancang harus menuliskan setiap segi dan permasalahan di dalam Algoritma yang bersangkutan. Bab ini menguraikan tentang syarat-syarat yang harus dimiliki oleh suatu Prosedur pemecahan masalah jika is akan kita proses menggunakan Algoritma. Salah satu cara penyajian Algoritma adalah dalam bentuk diagram atau bagan alur (flowchart).

Download Links :


Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir