Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday, April 29, 2010

Kapita Selekta Ekonomi Moneter

Thursday, April 29, 2010

Bagi mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi judul buku Ekonomi Moneter mungkin bukan hal yang baru lagi karena mungkin mereka telah mengenal dengan judul buku yang lain misalnya "Uang dan Bank, dimana yang diberikan kurang lebih sama.
Dengan memberi judul Ekonomi Moneter, menempatkan buku ini pada khasanah Ilmu Ekonomi (Economics) karena dengan judul "Uang dan Bank", nampaknya kurang atau belum dapat diterima tentang apa ruang lingkup yang akan dibahas dalam Uang dan Bank, apakah hanya mencakup masalah fungsi uang, definisi uang dan masalah lain yang menyangkut uang. Demikian pula halnya dengan Bank.
Apakah hanya membicarakan definisi Bank dengan segala aspeknya atau kaitan bank dengan jumlah uang. Ternyata di dalam buku Uang dan Bank juga dibahas masalah "tetek bengek" yang lebih luas dan secara implicit maupun eksplisit menyangkut khasanah Ilmu Ekonomi baik Ekonomi Makro maupun Ekonomi Mikro.
Demikian halnya dengan buku ini, "embrio"nya adalah buku "Uang dan Bank" yang pernah ditulis oleh penulis dengan judul Uang dan Bank. Untuk memperjelas bahwa buku ini termasuk dalam khasanah Ilmu Ekonomi maka dengan penambahan berbagai macam topik dan permasalahannya disusunlah buku Ekonomi Moneter ini.
Buku ini dimaksudkan dapat menjawab pertanyaan dasar; "Mengapa mempelajari Ekonomi Moneter dan Pasar Uang ?" dan "Mengapa Ekonomi Moneter merupakan cabang Ilmu Ekonomi yang populer dan menarik?". Pertanyaan di atas dapat dijawab secara simultan sebagai berikut :
a. Uang, bank dan khususny a sejak Deregulasi Perbankan di Indonesia 1983, serta variabel dan kelembagaan lain mempunyai pengaruh yang be sar pada pencapai an tujuan ekonomi.
b. Uang, bank dan variabel serta lembaga lainnya telah dapat dikontrol oleh lembaga keuangan atau penguasa moneter.
Pada bagian awal dari buku ini akan dibahas masalah uang dan bank serta pengertian JUB (Jumlah Uang Beredar) dengan segala aspeknya. Karena kenyataan bahwa uang mempunyai pengaruh (money matters) terhadap perekonomian dapat diinterpretasi sebagai berikut:
a. "money matters, but so do other things". Peranan uang tidak menghilangkan peranan yang lainnya. Sehingga bukan hanya uang yang berpengaruh tetapi juga yang lainnya" money matters but not only money matters".
b. "money matters but only in centain areas". Ini berarti bahwa uang mempunyai peranan yang agak terbatas dalam artian bahwa tidak semua tujuan dapat dicapai hanya dengan uang atau "semua urusan tidak mesti dengan uang akan beres"
Salah juga kepercayaan yang mengatakan bahwa uang adalah segala bentuk kejahatan, karena uang tidak mampu menghapus polusi, diskriminasi dan lain-lainnya.
Download Links :

BAGIAN I

BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 UANG
BAB 3 TEORI JUMLAH UANG YANG BEREDAR
BAB 4 LEMBAGA KEUANGAN
BAB 5 STANDAR MONETER

BAGIAN II

BAB 6 KONSEP DASAR TEORI MONETER
BAB 7 TEORI PERMINTAAN UANG
BAB 8 PERKEMBANGAN EKONOMI MONETER BARU

BAGIAN III

BAB 9 KEBIJAKAN MONETER
BAB 10 KEBIJAKSANAAN MONETER DI NEGARA-NEGARA YANG SEDANG BERKEMBANG
BAB 11 KEBIJAKSANAAN MONETER DI INDONESIA (STRATEGI, TARGET DAN INDEPENDEN)

BAGIAN IV

BAB 12 PERANAN PERBANKAN DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN INDUSTRIALISASI NASIONAL
BAB 13 DEREGULASI: TEORI DAN APLIKASI
BAB 14 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SUKU BUNGA DI NEGARA YANG SEDANG BERKEMBANG
BAB 15 SURVAI MODEL-MODEL INFLASI
BAB 16 INFLASI DAN PENERIMAAN PEMERINTAH
BAB 17 PARADOX GIBSON DAN SUKU BUNGA

DAFTAR GAMBAR

SOAL LATIHAN

DAFTAR TABEL


Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir