Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, February 5, 2010

Google is My Salesman

Friday, February 5, 2010
Para pedagang, di mana pun mereka berada, rela merogoh uang yang tidak sedikit jumlahnya untuk membayar Man mereka yang dipajang di berbagai media cetak, radio, atau televisi. Mengapa? Karena media Man tersebut memungkinkan berbagai produk mereka dilihat dan mampu merayu jutaan atau mungkin miliaran calon pembeli.
Meski memungkinkan mampu menghasilkan keuntungan besar, Anda tentu tahu, memasang Man di media seperti itu ada kelemahannya. Selain harus mengeluarkan bujet yang MAHAL apalagi jika ingin menjangkau calon pembeli dalam waktu yang lebih lama dan jangkauannya melewati batas regional-pesan-pesan komersial Anda lebih banyak menjangkau konsumen yang kebanyakan tidak atau kurang berminat.

Berbeda dengan model Man seperti itu, situs pencari seperti Google dan Yahoo!-yang sebenarnya bukan media iklan-dapat menjadi media Man yang efektif. Mengapa? Karena kebanyakan pengguna situs pencari yang sedang mengais-ngais informasi atau produk yang akan mereka sewa atau beli, secara umum sudah terinformasi dan teredukasi akan fungsi, kebutuhan, dan kegunaan produk yang mereka can. Konsumen yang menggunakan situs pencari umumnya tidak perlu lagi diedukasi atau diyakinkan serta dirayu untuk membeli produk yang mereka can. Alasannya, pada saat mengetikkan produk yang mereka can, mereka sudah dalam posisi "buying mood", siap untuk mengeluarkan kocek mereka. Pada saat mencari, sebenarnya mereka siap bertemu dengan siapa pun yang siap untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka. Sebagai seorang pedagang, Anda hanya perlu menyesuaikan produk Anda dengan keinginan konsumen.

Situs pencari adalah salah satu media pencari berbagai informasi dalam bentuk jejaring. Tentu ini sangat "powerful", terutama jika produk dagangan Anda muncul pada daftar hasil pencarian. Menariknya, asal Anda tahu, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan uang receh sekalipun agar produk Anda muncul pada daftar "hasil pencarian alami" di situs pencari itu. Produk apa pun dapat Anda buat "nangkring" di urutan atas hasil pencarian di situs pencari.
Sekiranya hendak memanfaatkan program Man berbayar dari mesin pencari tersebut, tentu Anda pun tidak sulit untuk memanfaatkannya. Mereka akan memunculkannya di sisi kanan daftar hasil pencarian, seperti di Google, misalnya.
Oleh karena itu, nikmatilah pembelajaran lewat buku ini! Mulailah memancing buyers dan uang! Tidak ada media Man yang dapat memberikan hasil langsung dan terukur selain media pencari informasi: situs pencari.

Ini adalah pengalaman saya bertahun-tahun. Tidak pernah saya membayangkan hidup dan bekerja tanpa media internet, terlebih ketika salesman terbaik saya, Google dan Yahoo!, mampu memberikan "steady income" secara terus-menerus lewat "incoming buyers". Tanpa Google dan Yahoo! serta situs pencari lainnya, saya tidak bisa membayanqkan hidup di tenqah kemacetan dan perqi bolak-balik seperti "setrika" melintasi kota besar seperti Jakarta setiap hari. Berkat Google, Yahoo!, dan mesin pencari lainnya, saya dan semua karyawan saya tetap bisa memiliki kehidupan yang lebih dari layak.

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir