Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, January 27, 2012

Apa Sih E-Commerce itu ?

Friday, January 27, 2012
DEFINISI ELECTRONIC COMMERCE

Apa sebenarnya arti E-commerce (electronnic commerce atau EC) ? E-commerce merupakan suatu istilah yang mulai banyak digunakan betakangan ini, suatu contoh kata yang sering didengungkan, kata yang berhubungan dengan internet dimana tidak seorangpun mengetahui dengan pasti definisi tersebut. Berikut ini akan dipaparkan mengenai pengertian e-commerce yang terdapat pada website atau menurut para ahli yang dituangkan dalam website tersebut.

Pada website whatis.com terdapat pengertian e-commerce yaitu berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui Internet, khususnya World wide web.
Menurut Robert E. Johnson, III (http://www.cimcor.corgl, e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan Internet sebagai media komunikasi yang paling utama.

Pada website ECARM (The Society For Electronic Commerce And Rights Management) dijelaskan bahwa e-commerce secara umum menunjukkan seluruh bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktifitas-aktifitas perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data dijital termasuk teks, suara, dan gambar-gambar visual (OECD, 1997).

Pada website Planetweb E-commerce Solutions, e-commerce memiliki arti bahwa sebuah website dapat menjadi sebuah modal bagi perusahaan, dimana website tersebut dapat menghasilkan uang dan dapat menggambarkan perusahaan anda di internet pada saat yang bersamaan.

Pada website E-commerce Net, secara sederhana dijelaskan bahwa e-commerce adalah menjual barang dagangan dan / atau jasa melalui internet. Seluruh pelaku yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, kebijakan-kebijakan pengembalian barang dan uang, periklanan, dll.

Menurut Gary Coulter dan John Buddemeir (E-commerce Outline) : e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara eksklusif untuk mendapatkan para pelanggan yang berpotensi.

Menurut Donna Perry, pengertian e-commerce sangat sederhana yaitu kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, fax, te/efon, dsb. Menurutnya untuk menjual produk dan / atau jasa di Internet, sebuah perusahaan membutuhkan :
• Komputer — bukan hanya beberapa komputer, tetapi dibutuhkan sebuah server dengan kapasitas besar dan kecepatan tinggi yang memungkinkan Secure Socket Layer (SSL) mempunyai enkripsi yang aman. Server ini harus benar¬benar stabil.
• Merchant account — yang diperoleh melaui sebuah bank atau institusi keuangan dan mengizinkan perusahaan menerima kartu kredit sebagai bentuk pembayarannya. Rekening ini sebaiknya menggunakan sebuah institusi yang mengetahui tentang perdagangan di internet dan yang menawarkan pemrosesan transaksi online secara real-time.
• Website sebuah website e-commerce.

RUANG LINGKUP E-COMMERCE

Berdasarkan ruang lingkupnya, merupakan bagian dari Electronic Business seperti digambarkan pada gambar 1 berikut :




ELECTRONIC BUSINESS, merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam anti luas.
ELECTRONIC COMMERCE, merupakan lingkup perdagangan yang dilakukan secara elektronik, dimana di dalamnya termasuk :
-Perdagangan via Internet (Internet Commerce)
-Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (Web-Commerce)
-Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik (Electronic Data Interchange/EDI).


KERANGKA DASAR E-COMMERCE

Aplikasi e-commerce disusun berdasarkan infrastruktur teknologi yang sudah ada, yaitu kombinasi antara komputer, jaringan komunikasi, dan software komunikasi sehingga menjadi Information Superhighway. Gambar 2 menunjukkan berbagai aplikasi e-commerce yang tidak akan berjalan tanpa hal-hal yang terdapat dalam infrastruktur berikut :
- Jasa bisnis umum, sebagai jasa untuk proses pembelian & penjualan. Distribusi pesan dan informasi, sebagai sarana pengiriman dan pengambilan informasi.
- Isi Multimedia dan Publikasi Jaringan, untuk pembuatan produk dan sarana mengkomunikasikannya. .
- Information Superhighway, sebagai landasan utama untuk penyediaan sistem highway/jalan utama dimana seluruh aktivitas e-commerce akan menggunakan jalan utama tersebut.

Seluruh aplikasi dan infrastruktur e-commerce berdiri pada dua pilar utama yaitu:
- Kebijakan umum, untuk mengatur hal-hal seperti akses, privasi, dan harga informasi.
- Standar teknis, untuk menentukan bagaimana publikasi informasi dilakukan, user interface, dan jalur transportasi antar keseluruhan jaringan.



Jadikan setiap Postingan untuk ajang DISKUSI dan saling BERBAGI agar ilmu anda semakin berkembang dan berguna bagi orang lain.

Gunakan Kolom Komentar di bawah ini untuk menyampaikan PENDAPAT/ OPINI sebagai bentuk partisipasi untuk mencerdaskan bangsa.



Anda Akan Menyukai ini :

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir