Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Monday, June 7, 2010

Mengenal Lebih Jauh Tentang Twitter

Monday, June 7, 2010
A. Mengenal Istilah Istilah Twitter

Ternyata masih banyak orang yang sudah mendaftar twitter namun belum paham akan penggunaannya, didalam Artikel ini akan membahas istilah-istlah pada twitter.

1. Trending Topic, adalah topik yang sedang banyak dibicarakan oleh para pemakai Twitter pada saat ini (real time). Trending topic dari pengguna Indonesia yang pernah ngetrend di Twitter adalah indonesiaunite (waktu peristiwa pengeboman dulu) serta Mbah Surip (meninggalnya mbah surip). Dan bahkan, topic indonesiaunite pernah menjadi nomor satu di trending topic Twitter walau hanya selama beberapa menit.

2. Followers, adalah user Twitter yang mengikuti kita. Atau yang mem-follow Anda. Dalam artian, user tersebut telam menambahkan (add) Anda sebagai teman dan akan menerima updates status Twitter Anda.

3. Following, kebalikan dari point nomor dua, adalah user Twitter yang kita ikuti. Dan Anda akan menerima updates status dari dia.

4. Reply, adalah balasan yang ditujukan pada seseorang secara spesifik. Semisal Anda ingin menayakan atau menyapa saya secara khusus di Twitter. "heh sherlomes, tadi malam kamu kemana huh?" Jika polanya seperti ini, maka saya tidak akan dapat membaca atau melihatnya. Namun polanya harus "Heh @sherlomes, tadi malam kamu kemana huh?" Selalu gunakan tanda "@" di depan "username" untuk replay atau bertanya atau menyapa namun ke user yang lebih spesifik. Maka tweets Anda akan masuk ke replay (mention) mereka.

5. Tweet, adalah sebutan untuk updates status Twitter. Misal, saya pagi ini ngeTweets bla bla bla..... atau "eh Tweet kamu yang kemaren jadi Trending topic loh" dan lain sebagainya.

6. RT atau ReTweet, adalah pengulangan tweet. RT biasanya digunakan apabila, tweet yang akan di RT dirasa penting, menarik atau pantas untuk di RT. Misalkan, saya membaca info gempa dari tweet BMG. Karena penting serta menarik, maka saya me RT nya agar followers saya dapat mengetahui info tersebut. Syukur-syukur mereka juga me RT nya kembali ke teman-teman Twitter nya yang lain.

7. Favorites, adalah Tweet yang disimpan karena disukai atau merasa Tweet tersebut penting.

8. Direct Message atau DM, semacam kayak email namun dengan ala Twitter. Pesan langsung secara personal ke tweeple yang bersangkutan.

9. Tweeple, sebutan untuk penguna Twitter.

10. Hash Tags (#), ditambahkan di depan topik tweets supaya pengguna twitter lainnya dapat mencari topik yang serupa. Misalkan, beberapa waktu yang lalu terdapat hash tag dari tweeple Indonesia yang cukup ramai, yakni tentang #pengakuan. Jika Anda ingin mengeTweets tentang pengakuan, tuliskan kata "pengakuan" dan ditambah dengan tanda "#" di depankata pengakuan tadi. Misalkan, "#pengakuan salah besar aku menolakmu". Dan jika ada tweeple yang search dengan keyword #pengakuan, tweets Anda akan ada di list search result.

11. Overhead (OH), adalah menuliskan tweet kepunyaan user lain tanpa ingin mencantumkan siapa pemiliknya. Polanya adalah, "OH" + "tweet".

12. Heardtrough (HT), adalah tweet yang dituliskan berdasarkan perihal yang terjadi sesungguhnya di dunia nyata. Polanya "HT" + "tweet".


B. Pengenalan Menu,Konten dan Komponen yang ada di Twitter


Berikut Penjelasannya :

1. Tempat untuk menulis Tweets (update status twitter).

2. Merupakan navigasi Twitter yang berguna sebagai tools untuk masuk ke halaman Home,Profil,Find People(cari teman),Setting (edit profil dsb),Help(bantuan),Sign Out(Keluar dari Twitter).

3. Merupakan waktu dalam penulisan Tweets terakhir.

4. Tombol Updates berfungsi untuk memperbarui Tweets anda, ketikkan apa saja dalam kolom no.1 (seperti gambar diatas) lalu klik tombol Updates, setelah itu Tweets anda akan diperbarui.

5. Update Tweets dari Followers anda berdasarkan waktu.Semakin teratas posisi Tweets, berarti dialah yang peling terbaru dalam mengupdate Tweets-nya.

6. Nama ID Twitter yang anda gunakan.ID Tweets ini berguna sebagai identitas anda dalam dunia Twitter.

7. Merupakan keterangan dari jumlah following,followers, dan updates.Following merupakan pengguna Twitter yang telah anda Follow(minta menjadi teman) baik yang sudah merespons atau belum. Sedangkan Followers adalah pengguna Twitter yang meminta anda menjadi temannya dan sudah anda jadikan teman.

8. @Triyogo : Jika anda ingin mengirimkan sebuah Tweets untuk saya.
Direct Massage : sebagai tempat untuk mengetahui adanya pesan masuk di inbox kita.
Favorites : Tempat untuk melihat Tweets yang sudah anda tandai sebagai Tweets favorit.

9. Kotak Search berguna untuk mencari topik-topik Tweets yang anda inginkan.

10. Trending Topics Merupakan topik Tweets yang sedang Popular saat ini.Jadi topik akan selalu berubah-ubah.

Mencari Teman Melalui ID Twitter

Salah satu cara mengundang teman anda di twitter yaitu mengundangnya dengan ID twitternya. Caranya simple.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Login ke Twitter terlebih dahulu

1. Klik "Find People" pada menu atas bar pada Twitter.
2. Masukkan ID Twitter teman anda, lalu klik "Search".
3. Tunggu beberapa saat setelah itu muncul ID twitter milik teman anda. Bisa langsung di klik Follow.
Ket : Jika ID yang tertulis salah maka teman anda juga tidak akan ditemukan(Case Sensitif).


C. Cara Mengganti Template Twiter / Layout Twitter / Background Twitter.

Sekarang kita akan mencoba cara mengganti template twitter. Tentunya tidak sesulit cara mengganti layout facebook. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Login ke akun Twitter.
2. Masuk ke menu "Setting".

3. Pilih "Design"

4. Pilih salah satu template/Layout yang akan anda pakai, jika sudah Save Changes.

5. Anda juga bisa mengganti background dengan foto pilhan anda, dengan cara klik Change Background Image lalu masukkan foto dari PC anda pada kolom Browse.Jangan lupa beri tanda centang pada tile background.Jika sudah klik Save Changes.


Berikut Hasilnya :


catatan : jika anda ingin mengganti template kembali, klik Don't use a background image agar template yang baru bisa terpasang.

D. Cara Mengganti Foto Profil Twitter / Foto Primary Twitter

Jika ingin mengganti foto profil / primary Twitter, caranya mudah.

Berikut langkah-langkahnya :
1. Login ke Twitter.
2. Masuk ke menu "Settings"

3. Pilih "Pictures"

4. Klik "Browse" Lalu pilih foto dari PC/Ponsel anda lalu Save.


Catatan : Jika upload foto gagal mungkin saja size foto tersebut terlalu besar (melebihi 700Kb.

Anda Akan Menyukai ini :

1 komentar:

Anonymous said...

Thanks Bro...atas infonya

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir