Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, February 7, 2010

Hermawan Kartajaya - On Positioning

Sunday, February 7, 2010
Sejak dulu Hermawan Kartajaya, Marketing Icon of Indonesia, selalu mengatakan bahwa marketing itu intinya mencakup sembilan eleemen yaitu: segmentasi, targeting, posrtioning, diferenstasi, marketing mix, selling, brand, servis, prosos,
la menyebutnya sebagai 'nine core element of marketing ' Hermawan berpendapat bahwa suatu produk, merek, ataupun perusahaan akan memiliki keunggulan bersaing yang bagus kalau ia mampu membangun kesembilan elemen pemasaran tersebut secara baik.

Menurut Hermawan, untuk membangun strategi yang kokoh pertama-tama Anda harus mampu melihat pasarnya secara kreatif dan membagi-bagi pasar tersebut ke dalam segmen-segmen berdasarkan kondisi psikografis-behavior tertentu. Dari sini kemudian Anda akan dapat memilih satu atau beberapa segmen tersebut yang akan dijadikan target pasar Setelah itu Anda akan dapat memosisikan produk, merek, dan perusahaan Anda di dalam benak target pasar tersebut.

Hermawan Selalu mengatakan bahwa positioning adalah janji yang dIberikan produk, merek, dan perusahaan kepada pelanggannya. Untuk memenuhi tersebut Anda narus membangun diferensiasi yang solid. SelanJutnya agar diferensiasi yang Anda bangun kokoh, maka Anda harus mem-back up diferensiasi tersebut dengan marketing mix (strategi produk, harga, dstribusi, dan promosi yang kokoh. Setelah marketing mix, maka selanjutnya kita juga harus menyusun strategi sellingnya dengan menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Semua langkah yang dilakukan terhadap produk, kata Hermawan,sesungguhnya adalan bagian dan upaya untuk membangun merek. Merek tidak sekedar sebuah nama. Bukan juqa sekedar sebuah logo atau simbol. Merek adalah "payunq" yang merepresentasikan produk atau layanan Anda. Merek merupakan cerminan value yang Anda berikan kepada pelanggan. Itulah sebabnya mengapa ia menyebutnya sebagai "value indicator."

Selanjutnya Anda juga harus membangun konsep Servis - Apakah bisnis perusahaan itu adalah hotel, jualan bakso, menawarkan asuransi, atau membikin mobil, semuanya haruslah merupakan bisnis Servis--Every business has to be a service business". Dan akhirnya, komponen terakhir dari sembilan elemen pemasaran adalah Proses. Ujung - ujungnya pembenahan Proses ini diarahkan untuk menciptakan kualitas sebaik mungkin, biaya serendah mungkin, dan waktu penyampaian secepat mungkin.

Buku ini, merupakan buku serial sembilan Misi yang membahas ke sembilan elcmen inti pemasaran di atas. Buku ini, senqaJa disusun secara sederhana mencakup dua bagian. Yang pertama adalah pengantar dari Hermawan Kartajaya yang akan mengulas konsep dan masing-masing elemen di atas. Sementara bagian kedua merupakan seleksi, tulisan-tulisan terbarunya yang diterbitkan di Derbagai media massa.

Buku Ini, merupakan sen kumpulan tulisan Hermawan KartaJaya yang pertama yang dlkelompokkan berdasarkan masing-masing elemen dam sembilan elemen pemasaran.

0 komentar:

Post a Comment

 

Komentar

Postingan Terakhir